Waskita Karya (WSKT) Percepat Pengerjaan Proyek Bendungan Bener Hingga Akhir 2024

Waskita Karya mempercepat proyek pembangunan Bendungan Bener yang berada di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

News

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), Perusahaan BUMN kontruksi terkemuka di Indonesia yang memegang peran penting dalam pembangunan infrastruktur negara ini tengah mempercepat proyek pembangunan Bendungan Bener yang berada di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan kontrak pekerjaan, Proyek bendungan yang rencananya akan selesai pada tahun 2025 tersebut ditargetkan untuk bisa rampung lebih cepat penyelesaiannya menjadi akhir tahun 2024.

Direktur Utama Perseroan, Mursyid mengungkapkan bahwa percepatan ini dilakukan mengingat Bendungan Bener sangat dinantikan kehadirannya oleh masyarakat.

Setelah rampung dan beroperasi, Mursyid menjelaskan bahwa Bendungan Bener dapat dimanfaatkan mengairi lahan irigasi seluas 15.519 hektare dan menyuplai air baku untuk keperluan rumah tangga, kota hingga industri.

Selain untuk irigasi dan penyediaan air baku, Mursyid berharap bendungan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi tempat pariwisata dan bahkan menjadi tempat konservasi air yang banyak sekali manfaatnya terutama dalam menjamin ketersediaan dan kualitas air serta mencegah bencana alam seperti banjir dan longsor.

Dalam proyek ini, pengembangan teknologi digitalisasi menjadi prioritas untuk menunjang peningkatan kompetensi dan kapabilitas sumber daya manusia sebagai pendukung utama kinerja perseroan.

Salah satu penerapan teknologi digitalisasi tersebut seperti penggunaan Building Information Modeling (BIM) dalam pekerjaan proyek Bendungan Bener.

Mursyid menyebut bahwa BIM mampu membuat pekerjaan menjadi sangat efisien sehingga pekerjaan proyek bisa selesai lebih cepat dan hemat.

Selain menerapkan teknologi BIM untuk mempercepat pembangunan, Waskita juga memberdayakan pekerja lokal dengan tingkat penyerapan sebanyak 22% yang menunjukkan adanya kolaborasi yang baik antara proyek dan masyarakat sekitar.

Untuk konstruksinya, Waskita bekerjasama dengan PT Jatiwangi untuk menyelesaikan pembangunan dengan nilai kontrak mencapai sebesar Rp 571 miliar yang berasal dari dana APBN.

Lingkup pekerjaan Waskita dalam proyek ini meliputi pekerjaan persiapan, bangunan pelimpah, pekerjaan dewatering, pekerjaan tanah, pekerjaan proteksi, pekerjaan drilling dan grouting, pekerjaan beton, pekerjaan jembatan pelimpah, bangunan fasilitas dan jalan fasilitas umum dan spillway.

Adapun paket Waskita Karya di Bendungan Bener adalah pengerjaan paket II di Kabupaten Wonosobo.Hingga Agustus 2023, Progres pembangunan Bendungan Bener Paket 2 dilaporkan telah mencapai sebesar 39,25%

Selain mempercepat progres Bendungan Bener, Waskita Karya saat ini rupanya juga tengah menyelesaikan pembangunan empat bendungan lainnya yang hingga Mei 2023 lalu mencatatkan kemajuan progres yang signifikan.

Empat bendungan tersebut yaitu Bendungan Rukoh di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh dengan progres konstruksi mencapai 60,12%, Bendungan Jlantah di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dengan progres konstruksi mencapai 71,82%, Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dengan progres konstruksi mencapai 23,05%, dan Bendungan Temef dengan progres konstruksi mencapai 54,48%.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi