4 Bendungan Bakal Diresmikan, Bendungan Semantok Senilai Rp1,17 Triliun Diresmikan Hari Ini

News

Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan meresmikan operasional Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur pada hari ini tepatnya Selasa, 20 Desember 2022.

Tak berselang lama kabar mengenai rencana peresmian bendungan ini muncul. Pada hari ini tepatnya pukul 08.00 WIB, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi ini pun melakukan kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Timur yang dimana dalam agenda kerjanya sang Presiden direncanakan akan meresmikan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk.

Mengutip Twitter Resmi Sekretariat Presiden pada pukul 10.32 WIB, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi akhirnya telah tiba di Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Kabupaten Nganjuk, Asti Widyartini menyebut bahwa Presiden Jokowi akan tiba di Bendungan Semantok pada sore hari atau sekitar jam 15.00 WIB.

Bendungan Semantok merupakan salah satu dari 4 proyek bendungan yang telah selesai dan dijadwalkan akan diresmikan pada akhir tahun ini.

Sementara sebanyak 3 proyek bendungan lainnya diantaranya adalah Bendungan Ciawi di Bogor, Bendungan Sukamahi di Bogor, dan Bendungan Beringin Sila di Sumbawa.

Bendungan Semantok ini merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) yang dibangun Kementerian PUPR untuk mendukung upaya pemerintah dalam memperkuat ketahanan air dan pangan di Kabupaten Nganjuk.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan bahwa pembangunan bendungan akan terus dilanjutkan dengan infrastruktur irigasi dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan.

Dalam pengerjaannya, pembangunan Bendungan Semantok dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sungai Brantas, Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR melalui dua paket pekerjaan dengan total nilai Rp 1,17 triliun.

Dua paket pekerjaan tersebut terdiri dari paket pertama dengan kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya – PT Pelita Nusa Perkasa, KSO dan paket kedua dengan kontraktor PT Hutama Karya – PT Bahagia Bangunnusa, KSO.

Bendungan ini memiliki kapasitas daya tampung sebesar 32,67 juta meter kubik dengan area genangan seluas 365 hektare yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi risiko banjir sebesar 137 meter kubik per detik pada wilayah hilir yang dialiri Sungai Semantok saat musim hujan.

Bendungan tersebut dilengkapi jaringan irigasi yang dapat berfungsi sebagai penyalur air pada saat musim kemarau untuk mencegah terjadinya kekeringan pada areal persawahan seluas 1.900 hektare (ha). Sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian di daerah tersebut.

Selain sebagai pengendali banjir, bendungan ini juga dimanfaatkan untuk memelihara sungai di wilayah hilir bendungan sebesar 30 liter per detik serta penyedia air baku sebesar 312 liter per detik untuk Kecamatan Rejoso. Sekaligus menjadi destinasi pariwisata di Jawa Timur yang dapat menumbuhkan ekonomi lokal.

Dibangun sejak Desember 2017, Bendungan Semantok ini bertipe zonal inti tegak yang memiliki tinggi 38,5 meter dan panjang puncak bendungan 3.100 meter.

Keberadaan Bendungan Semantok ini nantinya akan menambah panjang daftar bendungan yang berada di Jawa Timur. Beberapa bendungan yang sudah terbangun tersebut adalah Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi