WIKAIKON Pasang Steel Box Girder Merah Putih di Flyover Aloha Sidoarjo

Wijaya Karya Industri & Konstruksi (WIKAIKON) telah memasang Steel Box Girder Merah Putih pada Flyover Aloha di Sidoarjo, Jawa Timur.

News

PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi (WIKAIKON) yang bergerak di bidang Engineering, Production & Instalation (EPI) ini telah memasang Steel Box Girder Merah Putih pada Flyover Aloha di Sidoarjo, Jawa Timur.

Dalam proyek tersebut, Direktur Utama Wijaya Karya Industri & Konstruksi Agus Pramono menyebut WIKAIKON telah melakukan pemasangan 10 Box Girder 2 segmen sejak 23 September 2023.

Sebelumnya, Steel Box Girder Merah Putih yang dikirimkan untuk proyek ini diproduksi dalam waktu dua bulan di Pabrikasi Baja Majalengka.

Adapun beberapa keunggulan dari penggunaan Steel Box Girder yakni secara visual lebih bagus dengan komposisi warna, lebih ramah lingkungan, dimensi struktural bawah lebih optimal, kapasitas penggunaan alat angkat lebih efisien, proses lifting lebih cepat dengan area kerja yang lebih sedikit.

Meskipun begitu, proyek ini juga memiliki tantangan dengan jenis curve bridge (radius) yang membutuhkan keakuratan dalam proses fabrikasi dan instalasi.

Dia menegaskan perusahaan dapat mengatasinya dengan beberapa terobosan diantaranya melakukan full trial assembly di pabrik Majalengka untuk mendapatkan hasil fabrikasi yang sesuai dengan desain.

Kemudian melakukan analisa Construction Engineering Services (CES) untuk mengevaluasi tahapan urutan pekerjaan dan perubahan perilaku struktur di fase konstruksi instal jembatan.

Dan selain itu, anak perusahaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk ini juga memastikan tidak terjadinya uplift dan terpenuhinya stabilitas di setiap tahapan konstruksi sehingga aman dan presisi sesuai dengan perencanaan desain.

Direktur Utama Wikaikon Agus Pramono menjelaskan bahwa proyek ini menggunakan temporary support shoring yang kebutuhannya telah dianalisa oleh tim engineering WIKAIKON.

Untuk proses erection pada pilar 7A dan pilar 8A, WIKAIKON menekankan penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan standard yang tinggi dan selalu menjadi fokus pada pengerjaan proyek.

Bila proses pabrikasi dan instalasi selesai tepat waktu dan sesuai target quality, proyek ini akan menambah daftar kesuksesan WIKAIKON dalam mendukung pembangunan infrastruktur Nasional, setelah Proyek Jembatan Palang Joglo, Proyek Tol Cisumdawu dan lainnya.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi