PUPR Riau Gelontorkan Rp107 Miliar untuk Jalan dan Jembatan di Rohul Tahun ini

News

Pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau menyalurkan anggaran sebesar RP107 Miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Adapun rincian dari anggaran tersebut antara lain Rp 87 miliar untuk pembangunan fisik dan Rp 20 miliar untuk pemeliharaan rutin jalan dan jembatan.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga PUPR-PKPP Riau Arief Setiawan, anggaran tersebut dibagi kedalam 10 paket kegiatan yang terdiri dari pekerjaan jalan dan jembatan yang saat ini sudah masuk dalam tahap lelang.

Proyek jalan dan jembatan di Rohul saat ini masih dalam tahapan proses lelang dan rencananya sudah dapat dilaksanakan pada awal April 2022.

“Sesuai rencana, awal April nanti proyek jalan dan jembatan di Rohul sudah dilaksanakan. Untuk saat ini masih dalam tahapan proses lelang,” ujarnya, Senin 7 Maret 2022.

Dia juga menjelaskan bahwa anggaran pembangunan tersebut berasal dari APBD Provinsi Riau Tahun 2022 yang akan dikerjakan langsung oleh PUPR Riau melalui UPT VI Jalan dan Jembatan.

Adapun rincian dari 10 paket kegiatan yang akan dikerjakan tersebut diantaranya :

1. Pembangunan Jalan Rokan IV Koto-Pendalian IV Koto,

2. Pembangunan Jalan Ujungbatu-Rokan IV Koto Batas Sumbar (Aspal), Pembangunan Jalan Ujungbatu-Rokan IV Koto – Batas Sumbar (Rigid Beton), Pembangunan jalan Ujung batu-Rokan IV Koto-Batas Sumbar (dinding penahan tebing) satu paket.

3. Pembangunan Jalan Dalu-Dalu menuju Mahato.

4. Pembangunan jembatan Sei Kubu yang berada di Jalan Ujungbatu-Rokan IV Koto-Batas Sumbar.

5. Pembangunan jembatan Sei Palis Jalan Rokan IV Koto-Pendalian IV Koto-Dusun Batas.

6. Rekonstruksi jalan Tandun-Pasirpengaraian.

7. Rekonstruksi jalan Pasirpengaraian-Batas Sumut.

8. Rekonstruksi jalan Kota Tengah-Sontang.

9. Rekonstruksi jalan Ujungbatu-Kota Lama Simpang Bagan Tujuh.

10. Rekonstruksi jalan Ujungbatu-Rokan IV Koto-Batas Sumbar.

Arief menyebut program pembangunan jalan tersebut sesuai arahan dan harapan Gubernur Riau untuk masyarakat Rohul yang sebelumnya juga telah dilaksanakan dan sudah bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Kami berharap dalam waktu dekat ini sudah ada pemenang lelang dan pengerjaan pun segera bisa dilaksanakan,” ujar Arief.

Wakil Ketua DPRD Riau, H Syafaruddin Poti MM menyambut baik atas perhatian pembangunan yang diberikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar untuk Kabupaten Rokan Hulu.

Kendati begitu, Aspirasi pembangunan ini tidak terlepas juga dari perjuangan yang dilakukan Anggota DPRD Riau asal pemilihan Rohul.

Selain itu, Tokoh Milenial Asal Kepenuhan, Rokan Hulu Alfa Syahputra juga turut menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemprov Riau melalui Instansi Dinas PUPR-PKPP Riau. Dia berharap kegiatan ini mendapat pengawalan dari wakil rakyat di DPRD Riau, sehingga kegiatan pembangunan yang dianggarkan melalui APBD Provinsi betul-betul terlaksana.

Sebagai informasi, pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Rohul merupakan program lanjutan yang sebelumnya telah ditinjau lansung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Selain merupakan harapan masyarakat, jalan ini juga merupakan jalur akses untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang menghubungkan Rohul dengan Provinsi Sumatera Barat.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi