Progress Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Telah Mencapai 60%

News

Perbaikan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, telah memasuki tahap pengaspalan ulang sejak Sabtu, 5 Maret 2022.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menargetkan pengaspalan ulang lintasan rampung pada 10 Maret 2022 mendatang. 

Sementara, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengharapkan pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika bisa rampung dalam waktu dekat yakni Selasa 8 Maret 2022. Kartika menyampaikan progres pengaspalan ulang lintasan saat ini telah mencapai 60 persen dan diharapkan dapat rampung pada 8 Maret 2022.

“Untuk pengaspalan ulang lintasan sirkuit sudah dimulai dengan progress mencapai 60 persen. Kita harapkan pada 8 Maret 2022, pengaspalan ulang tersebut selesai dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Dorna Sports dan FIM,” ucap pria yang kerap disapa Tiko itu seperti dikutip dari Antara dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu 6 Maret 2022.

Dia mengaku pihaknya saat ini sedang fokus untuk menyelesaikan tahap akhir penyelesaian sirkuit, yakni pengerjaan grandstand yang sudah mencapai 80 persen termasuk satu gedung baru untuk VIP Deluxe.

Pengaspalan ulang lintasan dengan total panjang 1,2 kilometer (km) tersebut sudah dimulai pengerjaannya sejak 5 Maret 2022 oleh kontraktor PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan kini tengah dikerjakan sesuai dengan spesifikasi dari Dorna Sports dan FIM (Federasi Sepeda Motor Internasional). Pengerjaan dimulai dari segmen pertama yakni tikungan 16,5 atau antara tikungan 16 menuju tikungan 7.

Priandhi Satria mengatakan pengaspalan dimulai setelah proses pengelupasan lintasan sedalam 4 centimeter selesai dilakukan dan dibersihkan. Pengaspalan ini menggunakan aspal teknologi Stone Mastic Asphalt (SMA) seperti yang dipakai di sirkuit Silverstone, Yas Marina, dan Phillip Island.

 “Sebelumnya sudah dilakukan simulasi atau uji coba kimia pengikat dicampur dengan aspal dan kerikil. Kami menargetkan pengaspalan selesai 10 Maret dan berupaya bisa merampungkan dengan sempurna,” kata Priandhi, dalam keterangan resminya.

Selama proses pengaspalan ulang, MGPA terus berkoordinasi dengan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Konsultan dan PT Pembangunan Perumahan.

Semua pekerjaan dilaksanakan secara terstruktur dan terukur dengan perkembangan yang dilaporkan secara berkala oleh MGPA ke pihak Dorna Sports dan FIM selaku otoritas MotoGP.

Track And Race Control Supervisor MGPA Awallutfi Andhika, mengatakan bahwa proses pengaspalan ulang dilakukan secara bertahap dengan area yang terbagi menjadi lima segmen sesuai dengan rekomendasi dari FIM dan Dorna Sport.

Hal ini dikarenakan kondisi Sirkuit Mandalika Lombok yang tidak hanya trek lurus tetapi juga terdapat berbagai tikungan dengan jarak yang berbeda.

“Masing-masing segmen bervariasi jaraknya karena ada trek lurus dan tikungan yang berbeda. Targetnya selesai tanggal 10 Maret,” kata Awallutfi.

Setelah pengaspalan ulang selesai, lintasan akan dibersihkan dengan track jet dan sweeper untuk memastikan trek bersih dari debu dan material halus yang membuat lintasan licin. Lantaran saat tes pramusim MotoGP pada 11-13 Fabruari lalu, para pebalap mengeluhkan trek yang kotor oleh debu serta kerikil yang lepas dari permukaan aspal.

Selain proses pembersihan, Grip test juga akan dilakukan secara makro untuk tekstur dan kepadatan aspalnya dengan pengujian yang melibatkan RMI, R3, dan desainer sirkuit MRK1.

Selain pengaspalan ulang lintasan, MGPA juga membenahi fasilitas lain, seperti pengerjaan tribun penonton di area Hospitality Suite VIP Village, grandstand dan Royal Box. Semua ditargetkan selesai sebelum Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi