Jokowi Resmikan Indonesia Arena, Stadion Indoor Terbesar di Indonesia Senilai Rp. 640 Miliar

News

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Senin, 7 Agustus 2023.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini, saya resmikan Indonesia Arena di kawasan GBK Senayan DKI Jakarta,” kata Jokowi dalam peresmian Indonesia Arena yang disiarkan secara virtual melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Senin, 7 Agustus 2023

Adapun peresmian stadion indoor ini juga ditandai secara simbolis melalui prosesi penandatanganan prasasti yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo.

Sumber : YT Sekretariat Presiden

Stadion bernama Indonesia Arena tersebut digadang – gadang menjadi stadion indoor terbesar di indonesia yang dipercaya mampu menampung kapasitas penonton sebanyak lebih dari 16.000 orang.

Jokowi mengungkapkan bahwa stadion indoor terbesar di indonesia yang dibangun selama 18 bulan dengan biaya mencapai Rp640 miliar ini akan digunakan sebagai venue untuk penyelenggaraan FIBA World Cup atau Piala Dunia Basket FIBA 2023 yang berlangsung dari 25 Agustus hingga 10 September 2023.

Seperti diketahui bahwasanya Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 bersama dengan dua negara lainnya yakni Jepang dan Filipina. Sebagaimana dilansir dari laman resmi Fiba Basketball, turnamen tersebut akan berlangsung pada 25 Agustus hingga 10 September 2023.

Meski awalnya dibangun untuk penyelenggaraan FIBA World Cup 2023, IMS rupanya juga dapat dimanfaatkan untuk sarana olahraga lainnya seperti olahraga voli, bulutangkis, tenis, MMA, atletik, dan lain-lain. Bahkan tak hanya itu, IMS juga dapat difungsikan untuk sarana non-olahraga seperti konser, meeting, convention, dan exhibition.

Dalam proses pembangunannya, Pembangunan IMS telah memenuhi standar teknis Bangunan Gedung Hijau (BGH) dengan meraih predikat Madya dalam perencanaan dan pelaksanaannya serta menggunakan Building Information Modelling (BIM) 7D Asset Management yang berkontribusi dalam manajemen fasilitas secara efisien.

Dok. Kementerian PUPR

Pembangunan IMS dikerjakan oleh PT Adhi Karya – PT Nindya Karya – PT Penta (KSO) dengan anggaran senilai Rp640,4 miliar yang bersumber dari APBN melalui skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Years Contract (MYC) 2021 – 2023.

Dalam proyek pembangunan stadion IMS ini, lingkup pekerjaan yang dilaksanakan meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, mekanikal, dan elektrikal, pembangunan lapangan dan peralatan pertandingan, lapangan latihan, changing room, tribun, royal box, sistem pencahayaan, akustik, sound sistem, visual sistem, tiketing, sistem proteksi kebakaran, sistem transportasi dalam gedung, serta pemenuhan kriteria bangunan gedung hijau.

Sebagai informasi, IMS berlokasi di Blok 10 Kawasan GBK Senayan di Jakarta dengan lahan seluas 30.270 m2 milik Kementerian Sekretariat Negara di bawah pengelolaan PPK-GBK.

Bangunannya sendiri memiliki luas 50.398 m2 yang dinilai mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.523 orang.

Secara desain, Stadion IMS memiliki 5 lantai dan 1 lantai atap dengan fungsi utama sebagai stadion bola basket dengan 1 lapangan utama dan 2 lapangan latihan.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Menpora Dito Ariotedjo.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi