Kemensetneg Resmi Rilis Logo HUT RI Ke-77, Inilah Makna dan Filosofinya

News

Tak lama lagi, Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022.

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun ini, Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) secara resmi meluncurkan logo dan tema baru HUT ke-77 Republik Indonesia yang dapat diakses dan diunduh masyarakat secara gratis.

Masyarakat dapat mengunduh logo serta pedoman penggunaannya melalui laman resmi Setneg dengan link sebagai berikut : www.setneg.go.id

Logo resmi HUT RI ke-77 yang dapat diunduh pada laman resmi Setneg ini disajikan dalam berbagai format. Mulai dari format JPEG, PNG dan PDF lengkap dengan tema kegiatan dan pedoman penggunaannya. Sementara untuk tema barunya yang diusung dalam perayaan HUT RI tahun ini adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Logo baru HUT RI yang belum lama dirilis ini memperlihatkan latar belakang bewarna merah dengan tulisan Dirgahayu Republik Indonesia di atas angka 77 berwarna putih. Kemudian terdapat tulisan tema HUT RI ke 77 tahun 2022 yang terletak tepat dibawah angka 77 dengan bertuliskan ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’.

Namun dibalik Logo HUT RI ke 77 ternyata memiliki makna dan filosofi yang terkandung didalamnya. Lantas, apa makna dan filosofi dari logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemedekaan RI tersebut ? Simak penjelasannya di bawah ini :

Sumber : Kementerian Sekretariat Negara

1. Filosofi Logo

Dalam situs resmi Kemensetneg disebutkan bahwa Logo HUT RI ke-77 ini merupakan visualisasi tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” yang menggambarkan kondisi indonesia yang siap bangkit ditengah keterpurukan dalam menghadapi tantangan global dan ujian sejarah selama dua tahun lebih dengan mengajak seluruh elemen bangsa bergerak bersama secara bahu-membahu atau bergotong royong untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor.

Diharapkan, dasar-dasar negara bisa menuntut Indonesia untuk “bersama pulih lebih cepat” agar siap menghadapi tantangan global dan “bangkit lebih kuat” untuk siap membawa Indonesia maju.

2. Makna Logo

Selain filosofi, terdapat juga makna tiap bentuk yang terdapat pada logo. Logo Hari Kemerdekaan RI ke-77 ini mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas. Dimana, rasa optimis tersebut menggambarkan sebuah refleksi atau gerakan dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju.

Melansir akun instagram resmi Kementerian Sekretariat Negara pada 13 Juli 2022 lalu, terdapat 7 makna dalam angka 77 dibalik logo HUT RI ke-77 yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Dua panah ke atas (percepatan dan pergerakan)

Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Dua anak tangga (progres dan pembangunan)

Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progress dan pembangunan segala sektor di Indonesia. Makna lambang ini dibuktikan dengan adanya pembangunan yang masih terus berjalan hingga saat ini, Salah satunya adalah proyek yang belakangan ini tengah digencarkan oleh Pemerintah yaitu Proyek Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

3. Bagian atas terpotong (demokrasi dan keterbukaan)

Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Garis miring dan sudut runcing (semangat juang dan Garuda Pancasila)

Garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Dua garis melengkung (sinergi dan harapan)

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

6. Sudut peghubung (penghubung antar bangsa)

Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

7. Siluet angka 1 (persatuan Indonesia)

Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi