Cantas, Aplikasi Penunjang Sistem MLFF Direcanakan Bebas Kuota Internet

News

Sistem transaksi non-tunai dan nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) yang nantinya akan diterapkan di jalan tol Indonesia pada akhir 2022, kabarnya memerlukan aplikasi untuk mendukung penerapannya yang diberi nama “Cantas”.

Aplikasi penunjang penerapan sistem MLFF yang bernama Cantas tersebut merupakan aplikasi ponsel pintar yang didesain dengan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS) ini memungkinkan pengguna jalan tol untuk melakukan pembayaran hanya dengan melalui smartphone.

Dengan penerapan sistem transaksi non-tunai ini, maka tak akan lagi dijumpai gerbang tol (GT) di Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

Terkait penggunaan Cantas, PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) selaku Badan Usaha Pelaksana (BUP) sistem transaksi tol MLFF berencana membuatnya sebagai aplikasi bebas kuota internet.

Perwakilan RITS Emil Iskandar menyampaikan, aplikasi ini tentu akan bersinggungan dengan pemakaian kuota internet.

Untuk itu, pihaknya sedang mengawali proses untuk melakukan kerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia.

“Karena, nanti kita menjadikan Cantas itu adalah aplikasi yang boleh dikatakan bebas kuota. Tetapi, nantinya model bisnisnya seperti apa dengan operator itu yang sedang kita pikirkan,” ujar Emil dikutip dari Antara, Jumat (20/05/2022).

Sebab, penerapan MLFF beserta aplikasi Cantas diharapkan tidak sampai menjadikan beban kepada masyarakat dalam bentuk biaya tambahan.

“Maka dari itu kami buatkan solusi yang dinamakan Electronic On-Board Unit (e-OBU) dengan cara hanya mengunduh aplikasi, dan dalam aplikasi tersebut sudah ada built-in OBU-nya sehingga pengguna tol tidak perlu lagi membeli OBU dalam bentuk fisik,” katanya. Dia juga menekankan bahwa, PT RITS juga bekerjasama dengan Bank Indonesia, karena berkaitan dengan sistem pembayaran.

Dia juga menekankan bahwa, PT RITS juga bekerjasama dengan Bank Indonesia, karena berkaitan dengan sistem pembayaran.

Lantas, bagaimana cara kerja Cantas?

Global Positioning System (GPS) akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching (pencocokan peta) akan berjalan di central system (sistem pusat).

Saat kendaraan keluar dari jalan tol dan proses tersebut berakhir, maka sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Jika hendak menggunakan aplikasi tersebut, para pengendara diharuskan melakukan pendaftaran pelat nomor kendaraan.

Selain melalui aplikasi, pengguna tol juga dapat memasang On-Board Unit (OBU) di kendaraan yang terintegrasi sistem pembayaran di GT.

Bahkan, pengguna juga bisa memanfaatkan electronic route ticket atau tiket sekali perjalanan di jalan tol.

Dengan begitu, mereka dapat memilih cara yang paling efektif sesuai kebutuhannya.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi