Renovasi Istana Kepresidenan Tampaksiring di Bali Capai Progres 79%, Target Rampung September 2024

HeadlineNews

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali, Direktorat Jenderal Cipta Karya dikabarkan tengah merenovasi Istana Kepresidenan Tampaksiring di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

Renovasi ini dilakukan dalam rangka mendukung prasarana dan sarana pelayanan Presiden dan Ibu Negara beserta keluarga yang aman dan berkualitas.

Mengutip informasi dari laman Kementerian PUPR, Direktur Bina Penataan Bangunan, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Cakra Nagara pun menjelaskan kondisi terkini dari bangunan Istana Kepresidenan Tampaksiring.

Menurutnya, kondisi bangunan Istana Kepresidenan Tampaksiring secara virtual terlihat masih baik. Namun, terdapat kerusakan yang terjadi pada bagian arsitektur/finishing seperti cat dinding bercak dan penutup plafon yang rusak akibat adanya kebocoran dan rembesan hujan atap bangunan.

Sebagai informasi, Istana Kepresidenan Tampaksiring berada di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar Pulau Bali sebagaimana informasi yang dikutip dari laman Kementerian Sekretariat Negara.

Lokasi Istana Kepresidenan ini berjarak kurang lebih 42 Km dari Pusat Kota Denpasar atau dapat ditempuh sekitar 1 jam 15 menit dengan menggunakan transportasi darat.

Renovasi Istana Kepresidenan Tampaksiring telah dimulai pengerjaannya sejak 29 Desember 2023 oleh Kontraktor Pelaksana PT Joglo Multi Ayu dengan nilai kontrak fisik mencapai sebesar Rp 56,9 triliun melalui dana APBN tahun 2023-2024.

Renovasi tersebut saat ini telah mencapai progres fisik 79 % dan ditargetkan akan selesai pada September 2024 mendatang

Adapun lingkup pekerjaan dalam proyek ini meliputi Wisma Merdeka, Jembatan Persahabatan, Wisma Negara, Wisma Yudhistira, dan Paviliun Yudhistira, Gedung Parikesit, Pendopo Parikesit, Gedung Mess, Wantilan Mess, Pagar Keliling, Jalan Aspal dan Lingkungan, Pekerja SMKK, dan Pekerjaan Persiapan. 

Pekerjaan renovasi Istana Kepresidenan Tampaksiring diharapkan dapat diselesaikan secepatnya sehingga kegiatan kunjungan untuk dukungan layanan VVIP dan kunjungan masyarakat dapat dilaksanakan kembali secara optimal.

Back to top button