/Tol Getaci, Jalan Tol Terpanjang Di Indonesia Menyimpan 15 Fakta Menarik
Dok. PT Waskita Karya
Dok. PT Waskita Karya

Tol Getaci, Jalan Tol Terpanjang Di Indonesia Menyimpan 15 Fakta Menarik

Pemerintah berkomitmen akan segera merealisasikan pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) yang saat ini masih terus berjalan guna menambah jalur konektivitas antar daerah.

Proses pembangunan Tol Getaci saat ini masih berproses dengan anggota konsorsium baik dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau maupun Swasta.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pengembangan Bisnis PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Septiawan Andri Purwanto dalam konferensi pers usai Public Expose pada Senin, 14 November 2022.

PT Waskita Karya sebagai pemegang saham prioritas Tol Getaci pastinya tidak tinggal diam, Andri menyebut pihaknya masih terus berjuang mengupayakan pemenuhan kewajiban hingga Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ditandatangani.

Jalan tol yang digadang – gadang akan menjadi jalan tol terpanjang di indonesia ini menyimpan 15 fakta menarik yang wajib kita ketahui diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Terpanjang di Indonesia

Tol Getaci akan menjadi tol terpanjang di Indonesia dengan total panjang mencapai 206,65 km menggantikan posisi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang saat ini masih menduduki posisi teratas sebagai tol terpanjang di Indonesia dengan total panjang mencapai 189 km.

2. Menghubungkan 2 provinsi

Tol Getaci menghubungkan 2 provinsi yaitu Jawa Barat (171,40 km) dan Jawa Tengah (35,25 km)

3. Solusi tepat memecahkan kemacetan

Tol Getaci menjadi solusi tepat yang sangat didambakan warga masyarakat Priangan Timur untuk memecahkan masalah kemacetan yang sering terjadi di jalur jalan nasional Bandung-Tasikmaya baik yang melewati Garut maupun lewat Limbangan-Malagbong.

4. Melibatkan 8 perusahaan

Sebanyak 8 perusahaan yang tergabung dalam konsorsium PT Jasa Marga Gede Bage Cilacap (PT JGC) terlibat dalam pembangunan jalan Tol Getaci yang terdiri dari PT. Jasa Marga Tbk, Kemitraan Daya Mulya Turangga, Gama Grup dan PT Jasa Sarana, PT Waskita Karya Persero Tbk, PT PP Persero Tbk, dan PT wijaya Karya Persero Tbk.

5. Dibangun dalam 2 tahap

Tol Getaci akan dibangun dalam 2 tahap. Tahap 1 Gedebage-Tasikmalaya dan Tahap 2 Tasikmalaya-Clacap.

6. Terdapat 4 seksi

Tol Getaci memiliki 4 seksi yaitu Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara (45,20 km), Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya (50,32 km), Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan (76,78 km) dan Seksi 4 Patimuan-Cilacap (34,35 km).

7. Investasi Rp 56 trilun

Nilai investasi pembangunan Tol Getaci akan menghabiskan biaya investasi sebesar Rp 56 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun.

8. Proyek strategis nasional

Tol Getaci merupakan salah satu proyek strategis nasional. Ini tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

9. Pemandangan indah

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Tol Getaci antara Gedebage-Tasikmalaya memiliki bentang alam yang sangat baik, kawasan pegunungannya masih sejuk dan memiliki view atau panorama pemandangan alam yang sangat indah.

10. Pengerjaan konstruki mulai awal 2023

Pembangunan Jalan Tol Getaci Tahap 1 (Gedebage-Garut-Tasikmalaya) akan dimulai pada awal 2023 dan ditargetkan selesai pada tahun 2024.

Sedangkan Pembangunan Tol Getaci Tahap 2 (Tasikmalaya-Cilacap) akan dimulai pada tahun 2027 (berhenti dulu selama 3 tahun) dan ditargetkan selesai 2029.

11. Melintasi 9 Kota/Kabupaten dan ratusan desa

Jalan Tol Getaci melintasi 7 wilayah Kabupaten dan Kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Cilacap.

Selain itu, Jalan Tol Getaci juga melintasi puluhan kecamatan dan ratusan Desa di 9 Kota dan Kabupaten.

12. Memiliki 10 Simpang Susun dan pintu keluar-masuk

Jalan Tol Getaci memilki 10 Simpang Susun (SS) dan 10 pintu tol sebagai akses keluar/masuk kendaraan yakni SS/pintu tol Majalaya, SS Nagrek, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan, dan SS/pintu tol Cilacap.

13. Jalur wisata

Tol Getaci dapat menjadi jalur wisata menuju daerah selatan Jawa Barat khususnya di Kabupaten Pangandaran dan Cilacap.

14. Memperlancar konektivitas dan ekonomi masyarakat

Tol Getaci akan memperlancar konektivitas Jawa Barat-Jawa Tengah dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di selatan Jawa Barat dan Cilacap Jawa Tengah.

15. Rest area untuk UMKM

Rest Area di Tol Getaci akan diisi oleh aktivitas wirausaha menjual produk lokal UMKM.