Usai Proyek Gorden Batal, DPR Anggarkan Rp4,56 M Untuk Waterproofing Atap Gedung Nusantara

News

Setelah dihebohkan dengan anggaran puluhan miliar untuk pembelian gorden rumah dinas keanggotaan DPR RI yang akhirnya dibatalkan, kini kembali muncul anggaran baru yang kabarnya kali ini DPR RI menganggarkan sebesar Rp4,5 miliar untuk pengecatan (waterproofing) Dome (kubah) Gedung Nusantara DPR RI atau Gedung Kura Kura yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

“Sebenarnya bukan pengecatan, yang lebih pas adalah waterproofing. Kami pernah melakukannya terhadap dome di Gedung Nusantara terakhir pada tahun 2015,” Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 17 Mei 2022.

Menurutnya, Gedung Nusantara merupakan bangunan warisan budaya yang telah berdiri hampir 60 tahun sehingga harus ada perawatan secara menyeluruh.

DPR menilai perawatan perlu dilakukan mengingat saat ini atap Gedung Nusantara terdapat sejumlah titik mengalami rusak dan menyebabkan kebocoran. Atap yang perlu waterproofing seluas 5.208 Meter yang seluruhnya adalah atap beton dengan menggunakan bahan ramah lingkungan dan mengacu pada sertifikat environmentally property coating.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan kembali waterproofing guna menyambut acara kenegaraan pada tanggal 16 Agustus dan pertemuan P-2020 pada tanggal 5-6 Oktober yang akan dihadiri 20 kepala parlemen anggota G20 dan 20 kepala parlemen dunia.

Berdasarkan informasi yang tertera di laman LPSE DPR pada Selasa 17 Mei 2022, diketahui Sekjen DPR menganggarkan pengecatan dome Gedung Nusantara dengan kode tender 735087.

“Nilai pagu paket Rp4.560.000.000. Nilai HPS [harga perkiraan sendiri] paket Rp4.501.240.786,” tulis rincian anggaran dari situs LPSE DPR, Selasa 17 Mei 2022.

Anggaran tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022.

Dalam laman LPSE DRP RI tersebut dituliskan bahwa ada 19 perusahaan yang mengikuti tender untuk pengecatan Dome Gedung Nusantara milik DPR RI ini.

Namun dalam hal ini, DPR RI masih melakukan kualifikasi pada beberapa perusahaan yang mengikuti lelang tender untuk pengecatan ulang Gedung Nusantara DPR RI hingga tanggal 19 Mei 2022.

Jika tahapan semua berjalan dengan lancar maka akan dilanjutkan dengan pengumuman tender pengecatan Dome Gedung Nusantara DPR RI pada 30 Mei 2022.

Dan pada 8 Juni 2022 mendatang akan dilakukan penandatanganan kontrak yang dilakukan kedua belah pihak jika semua proses sudah dilalui dengan lancar dan semestinya.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi