Ditargetkan Rampung Akhir 2023, Progres Konstruksi Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek) II Selatan Paket 3 Capai 85%

News

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol ini menargetkan konstruksi proyek Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek) II Selatan Paket 3 ruas Sadang – Sukabungah dapat rampung pada kuartal IV/2023 atau akhir tahun ini.

Direktur Utama Jasa Marga Japek II Selatan, Charles Lendra menyampaikan perkembangan terkini dari progres fisik Tol Japek II Selatan yang mana dilaporkan telah mencapai 85 persen secara keseluruhan dengan progres pembebasan lahan sebesar 93 persen.

Meskipun demikian, Charles belum dapat memberikan kepastian mengenai waktu operasional Tol Japek II Selatan. Lantaran menurutnya, masih ada sejumlah tahapan yang masih harus dilalui sebelum nantinya bisa beroperasi secara penuh seperti uji laik fungsi hingga sertifikat operasional.

Sebelum beroperasi penuh, Charles menyebut pihaknya juga akan membuka tahapan fungsional kembali secara gratis yang rencananya dilakukan pada kuartal keempat tahun ini.

Hal ini dilakukan lantaran dirinya menargetkan pembangunan jalan tol tersebut harus sudah selesai pada tahun ini agar dapat beroperasi saat Lebaran 2024 mendatang.

Untuk biayanya sendiri, Charles mengungkapkan bahwa anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan tol Japek II Selatan paket 3 dengan rute Sadang – Kutanegara – Taman Mekar ini mencapai Rp5 triliun. 

Sebagai informasi, jalan tol ini akan dibuka fungsional pada periode lebaran 2023. Jasa Marga akan memberlakukan 2 opsi rute pada Tol Japek II Selatan paket 3. Rute pertama, yakni Sadang – Kutanegara sepanjang 8,5 km dan rute kedua yaitu Sadang – Taman Mekar sepanjang 28,5 km.

Adapun pekerjaan konstruksi di sepanjang SS Kutanegara hingga Taman Mekar kabarnya hampir rampung meski ditengah kondisi jalan yang tampak belum selesai dirapihkan.

Meskipun begitu, perjalanan angkutan darat masih tetap dapat dilalui dengan lancar. Bahkan dalam kondisi lalu lintas normal, perjalanan dari SS Kutanegara ke Taman Mekar dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar 40 menit.

Sehingga rute ini dinilai dapat menjadi jalan alternatif bagi pengendara roda empat ketika arus balik pascamudik lebaran mendatang.

Jika pengendara memilih opsi rute pertama Sadang – Kutanegara, maka nantinya pengendara akan keluar di jalan industri lalu masuk kembali melalui GT Karawang Barat (± 27 km). Sedangkan jika memilih opsi rute kedua Sadang – Taman Mekar , maka nantinya pengendara akan keluar di jalan raya pangkalan lalu masuk kembali melalui GT Karawang Barat (± 16 km).

Back to top button
formbukudirekrorigapensi