/Tercatat Sebagai Prioritas Proyek KPBU, Jalan Pendukung IKN Masuk Tahap Penyiapan

Tercatat Sebagai Prioritas Proyek KPBU, Jalan Pendukung IKN Masuk Tahap Penyiapan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan memasukkan proyek Jalan Pendukung Ibu Kota Negara (IKN) sebagai salah satu prioritas proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha pada tahun ini.

Direktur Jenderal Pembiayaan Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan bahwa proyek jalan pendukung IKN masuk dalam prioritas proyek KPBU yang saat ini masih dalam tahap penyiapan untuk dilakukan studi pendahuluan.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR yang dilaksanakan secara virtual melalui kanal youtube “Komisi V DPR RI Channel” yang tayang pada 16 Februari 2022, Herry Trisaputra Zuna mengatakan Proyek KPBU untuk sektor Jalan dan Jembatan terdapat enam proyek yang diprioritaskan pada tahun ini dengan estimasi jumlah investasi senilai Rp101,32 Triliun.

Enam proyek yang diprioritaskan tersebut sedang dalam tahap penyiapan yang dimana salah satunya adalah Proyek jalan pendukung IKN. Sementara, proyek lainnya yang juga termasuk ke dalam enam prioritas proyek KPBU yakni Operasi Suramadu bundling Jalan TOL SERR, jalan akses exit toll, jalan Tol Cilacap-Yogyakarta, jalan Tol Demak-Tuban, jalan Tol Ngawi-Bojonegoro-Babat.

Selanjutnya, Hery menambahkan terdapat 10 prioritas proyek KPBU di sektor jalan dan jembatan yang sedang dalam tahap transaksi dengan estimasi jumlah investasi senilai Rp185,57 triliun.

Proyek – proyek tersebut adalah proyek Jembatan Batam-Bintan, Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena, jalan Tol Kohod-Lebakwangi, jalan Tol Kediri-Tulungagung, jalan Tol Malang-Kepanjen, jalan Tol Semarang Harbour, jalan Tol Semanan-Balaraja, jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat, jalan Tol Bogor-Serpong via Parung, dan jalan Tol Cikur-Karawaci.

Sepanjang tahun lalu, proyek KPBU infrastruktur PUPR hanya mencapai 13 proyek dari target yang ditetapkan sebanyak 21 proyek. Sebanyak 12 proyek di antaranya merupakan proyek di sektor jalan dan jembatan.

“Proyek KPBU infrastruktur dari target  21 proyek capaiannya 13 proyek di mana sektor jalan dan jembatan ini ada beberapa proyek yang disiapkan baik secara solicited dan unsolicited ada jalan Tol Akses Patimban, Jembatan Batam-Bintan, jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg, jalan Tol JORR elevated,” ungkapnya.