/Skywalk Terpanjang di Jakarta Segera Diresmikan dan Dibuka Untuk Umum
Dok. YT/Walking Around
Dok. YT/Walking Around

Skywalk Terpanjang di Jakarta Segera Diresmikan dan Dibuka Untuk Umum

Pembangunan Skywalk atau Jembatan penyeberangan pejalan kaki yang terletak di Kebayoran Lama, Jakarta telah rampung dan segera diresmikan dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho menyampaikan informasi perkembangan terkini terkait jembatan tersebut yang sudah siap secara struktur, fungsi maupun fasilitas penunjang lainnya.

Mulai dibangun sejak 23 Maret 2022, Skywalk Kebayoran Lama yang dinyatakan selesai pada 30 November 2022 lalu dengan total panjang mencapai 450 meter ini diklaim menjadi skywalk terpanjang di Jakarta mengalahkan Skywalk Poins Square di Lebak Bulus yang hanya memiliki panjang 300 meter.

Foto : Skywalk Poins Square – Lebak Bulus (Sumber : YT/Miyanagi Deswira)

Skywalk Kebayoran Lama dilengkapi fasilitas integrasi antarmoda transportasi yang menghubungkan Stasiun KRL commuterline Kebayoran Lama dengan Halte Transjakarta Velbak (Koridor 13) dan Halte Transjakarta Pasar Kebayoran Lama (Koridor 8).

Dok. YT/Walking Around
Sumber : YT/Walking Around
Dok. YT/Walking Around
Sumber. YT/Walking Around

Namun untuk saat ini, penggunaan Skywalk Kebayoran Lama hanya baru difungsikan untuk integrasi antara pengguna KRL commuterline Stasiun Kebayoran Lama dengan Halte Transjakarta Velbak.  

Sementara untuk integrasi KRL commuterline Stasiun Kebayoran Lama dengan Halte Transjakarta Pasar Kebayoran Lama Koridor 8 rencananya akan difungsikan dalam waktu dekat setelah halte tersebut telah selesai direvitalisasi.

Dok. YT/Walking Around
Dok. YT/Walking Around

Pembangunan Skywalk Kebayoran Lama ini bertujuan untuk mendukung terciptanya sistem transportasi perkotaan yang terintegrasi dengan baik, mempermudah mobilitas maupun pergerakan aktivitas masyarakat, serta mengalihkan masyarakat dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum. 

Meski belum dibuka untuk umum dan diresmikan, Hari berharap kehadiran Skywalk Kebayoran Lama dapat memberikan manfaat serta dapat digunakan oleh masyarakat khususnya pengguna transportasi umum.

Adapun berikut data teknis dan fasilitas yang tersedia di Skywalk Kebayoran Lama :

1. Memiliki panjang total 452 meter

2. Dilengkapi tiga buah lift berkapasitas satu ton yang mampu melayani 8-10 orang (disabilitas, Ibu hamil dan lansia)

3. Dilengkapi dua unit eskalator untuk mempermudah akses menuju Halte Velbak sepanjang 18 meter – 13 unit kamera pengawas (CCTV) yang tersebar di sepanjang Skywalk untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna

4. Terdapat 200 lampu LED dan 215 lampu RGB untuk menambah nilai estetika pada malam hari.