Renovasi 4 Stadion Piala Dunia U-17, PUPR Alokasikan Anggaran Senilai Rp.100 Miliar

News

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengalokasikan anggaran senilai Rp100 miliar untuk membiayai renovasi 4 stadion yang nantinya akan digunakan sebagai venue pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono yang dimana dirinya menyebut bahwa total anggaran yang dikucurkan untuk merenovasi empat stadion venue Piala Dunia U-17 mencapai Rp100 miliar.

Adapun empat stadion yang akan direnovasi tersebut yaitu Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Basuki menjelaskan bahwa anggaran renovasi ini akan dialokasikan untuk perbaikan rumput, lampu, dan ruang pemain.

Selain menyiapkan anggaran, Basuki menyebut pihaknya juga akan mendorong percepatan penyelesaian renovasi termasuk proses pengerjaan renovasi lapangan yang nantinya akan dikonsolidasikan dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan stakeholder lainnya.

Masih di kesempatan yang sama, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir mengungkapkan bahwa 4 stadion tersebut telah diusulkan menjadi calon vanue perhelatan ajang Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung pada 10 November 2023.

Adapun saat ini FIFA sendiri juga dilaporkan tengah mendiskusikan 4 stadion yang diusulkan tersebut untuk menyukseskan ajang gelaran internasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini.

Nantinya dari empat stadion yang diusulkan, stadion JIS dan Si Jalak Harupat rencananya akan digunakan untuk menggelar dua pertandingan grup. Sementara dua stadion lainnya yakni Stadion Manahan Solo dan Gelora Bung Tomo Surabaya rencananya akan digunakan untuk menggelar satu pertandingan grup.

Pada akhir bulan Juli lalu, perwakilan FIFA kabarnya juga telah menginspeksi empat stadion yang akan menjadi venue Piala Dunia U-17 tersebut.

Usai melakukan pengecekan, FIFA setidaknya memiliki sejumlah catatan untuk dibenahi Indonesia selaku tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 yang akan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Dalam catatannya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan bahwa FIFA meminta agar Indonesia dapat menambah lapangan latihan. FIFA meminta adanya penambahan jumlah lapangan latihan dari yang mulanya sebanyak 4 lapangan menjadi 6 lapangan.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi