/Awal Tahun Ini, Pemerintah Akan Semakin Masif Bangun IKN Nusantara

Awal Tahun Ini, Pemerintah Akan Semakin Masif Bangun IKN Nusantara

Pemerintah hingga kini masih terus mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. 

Kabarnya awal tahun ini, Pembangunan IKN Nusantara yang masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) ini akan dilakukan lebih masif dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menyampaikan bahwa proses pembangunan IKN akan dipercepat pada kuartal I/2023.

Pasalnya, saat ini alat alat logistik untuk pembangunan IKN terlihat sudah mulai berdatangan masuk ke area pembangunan dan hunian bagi para pekerja di IKN Nusantara juga sudah disiapkan.

Bambang meyakini adanya progres konstruksi yang lebih besar dan lebih masif di lapangan pada awal tahun ini mengingat kontrak konstruksi yang di buat PU sebelumnya juga sudah semua ditanda tangani dan dimobilisasi.

Setelah memantau langsung proses pengerjaan di lapangan, Bambang menilai progress pembangunan saat ini sudah berjalan baik di lapangan sesuai dengan rencana.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengungkapkan bahwa sejumlah proyek infrastruktur yang telah dilelang tahun lalu akan memasuki tahap konstruksi pada awal tahun ini.

Adapun proyek tersebut adalah Kawasan Istana Presiden, Kawasan Pendukung Kantor Istana Presiden, Kantor Sekretariat Negara, dan Kantor Kementerian Koordinator.

Danis menyebut bahwa kegiatan persiapan pengembangan lahan atau land development juga masih terus dilakukan terutama di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara 1A yang merupakan bagian dari pembangunan tahap pertama dengan target penyelesaian di tahun 2024 mendatang.

Pada saat yang bersamaan, pemerintah juga tengah mempersiapkan lahan di KIPP Zona 1B yang akan ditawarkan kepada investor.

Guna memuluskan berjalannya konstruksi, pemerintah juga akan menggenjot progres pembangunan yang terkait dengan pembukaan lahan (land clearing) dan pembangunan lahan (land development) dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan sehingga kelestarian alam di Kalimantan dapat terjaga sesuai visi pembangunan IKN yang mengusungkan konsep green city atau kota hijau.