Pembangunan Bandara Nusantara di IKN Capai Progres 74%, Menhub Budi Optimis Bisa Tuntas Sesuai Target

HeadlineNewsProyek IKN

Pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur telah menunjukkan perkembangan progres yang cukup signifikan.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Minggu, 8 September 2024.

Pada kegiatan peninjauannya tersebut, Budi menyampaikan progres pembangunan bandara di IKN ini telah menyentuh angka 74% dan ditargetkan rampung pada akhir Desember 2024 mendatang.

Dengan progres yang sejauh ini telah berjalan, sejumlah perkembangan cukup signifikan telah tercapai dalam pembangunan bandara ini.

Contohnya seperti pembangunan landasan pacu atau runway yang saat ini sudah mencapai 1.975 meter dari target 2.200 meter.

Panjang landasan pacu (runway) yang sudah terbangun ini meningkat dari capaian sebelumnya pada akhir Agustus 2024 lalu yang kala itu baru terbangun sepanjang 1.025 meter.

Selain runway, sejumlah perkembangan pada kawasan bandara juga telah terlihat di antaranya seperti terminal VVIP yang kini menunjukkan kemajuan progres pembangunan dari yang sebelumnya sebesar 82,6% pada bulan lalu meningkat menjadi 90,16% pada September 2024.

Tak hanya terminal VVIP, kemajuan progres juga nampak pada pembangunan terminal VIP, dimana saat ini progres konstruksi yang telah rampung pada terminal tersebut telah mencapai sebesar 77,06%.

Kemudian ada pula untuk fasilitas penunjang, Sebagaimana informasi yang dikutip dari laman detik.com diinformasikan bahwa tower ATC saat ini telah terbangun 53,71 persen, gedung administrasi dan operasional sudah terbangun 61,03 persen, dan Gedung PKP-PK sudah terbangun 68,71 persen.

Adapun untuk jalan penunjang akses bandara saat ini dilaporkan sudah terbangun dengan realisasi progres di atas 50%.

Kemudian Jalan akses utama telah terbangun 98,53%, jalan perimeter barat telah terbangun 66,96%, dan jalan perimeter timur sudah rampung 50,44%. Seluruh jalan ini nantinya akan menunjang akses dari dan menuju bandara.

Dengan demikian jika diakumulasikan secara keseluruhan, progres pembangunan bandara telah mencapai 74,79% dalam waktu pengerjaan 273 hari.

Budi Karya optimis bandara akan selesai dibangun secara keseluruhan sesuai target waktu, yakni pada 31 Desember 2024.

Back to top button