TOP! Sayap Burung Garuda di Kantor Presiden IKN Telah Rampung

HeadlineNewsProyek IKNTop List

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan bilah tertinggi dan terakhir dari Sayap Burung Garuda di Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pemasangan bilah ke 4.650 pada sayap bagian kanan yang menandai selesainya pembangunan Burung Garuda pada Kantor Presiden di IKN.

Penyelesaian ini menandai pencapaian penting dalam proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara yang diharapkan dapat menjadi simbol kebanggaan dan kemajuan bangsa.

Proses pemasangan Sayap Burung Garuda, Dok. Instagram Kementerian PUPR

Melansir dari Instagram resmi Kementerian PUPR, pada pemasangan bilah sayap garuda turut hadir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono dan disaksikan langsung oleh Nyoman Nuarta, perupa yang mendesain dan membuat bilah-bilah tembaga pembentuk Sayap Garuda.

Pada sambutannya, Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono mengungkapkan, “Alhamdulillah, malam ini kita akan melakukan melihat pelaksanaan pemasangan bilah ke 4.650 yang menandai selesainya pembangunan garuda kita ini.” Jelas Basuki.

Sementara itu, Nyoman Nuarta juga memberi sambutan, “Mudah-mudahan kedepannya sampai tanggal yang ditentukan tidak boleh kerja lagi, kita bisa menyelesaikannya dengan baik pemasangan bilah dan lain-lainnya.

Bilah-bilah sayap garuda terbuat dari kuningan dan baja antikorosi yang diproduksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Setiap bilah memiliki berat rata-rata 0,3 ton, sehingga total bobot Garuda IKN mencapai 1.398,3 ton. Sebelumnya, pemasangan bilah perdana telah dilakukan pada 17 September 2023 lalu oleh Presiden Joko Widodo.

Nyoman Nuarta juga menjelaskan bahwa pengiriman dan pemasangan bilah sayap Garuda bukan pekerjaan ringan. Garuda raksasa ini dirancang dengan bentangan sayap yang memiliki panjang 177 meter dan menjulang setinggi 77 meter.

Proses pengiriman bilah terakhir dilakukan dari lokakarya PT Siluet Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park Bandung ke lokasi pembangunan di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pengiriman ini memerlukan penanganan khusus, mengingat berat dan ukuran bilah yang tidak biasa.

Dok. Nyoman Nuarta

Desain kantor presiden yang mengusung konsep Burung Garuda dengan sayap yang megah ini, dirancang untuk mencerminkan berbagai perbedaan, segala silang pandang, segala keragaman adat istiadat dan perilaku. Garuda merupakan simbol persatuan. Apalagi garuda juga menjadi bagian dari lambang negara, yaitu Bhineka Tunggal Ika. 

Penyelesaian bilah terakhir Sayap Burung Garuda ini membawa hal positif bagi proyek pembangunan IKN secara keseluruhan. Selanjutnya, PUPR akan terus melanjutkan tahap-tahap pembangunan lainnya dengan target penyelesaian sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Pemerintah optimis bahwa seluruh proyek IKN akan dapat diselesaikan tepat waktu, sehingga Ibu Kota Nusantara dapat segera difungsikan dan menjadi pusat aktivitas pemerintahan serta perekonomian yang baru.

Back to top button