5 Destinasi Wisata di Kawasan Gedebage, Titik Awal Tol Getaci

LifestyleNews

Pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) sepanjang 206,65 km yang digadang gadang akan menjadi tol terpanjang di Indonesia ini rencananya akan dimulai pada tahun ini.

Kabarnya, Pembangunan jalan tol yang terdiri dari 4 seksi ini akan dimulai dari titik awal Gedebage Junction yang berada di kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Namun siapa sangka bahwa kawasan Gedebage yang akan menjadi titik awal tol Getaci ini merupakan kawasan yang menyimpan banyak destinasi wisata yang beragam, mulai dari wisata religi, wisata edukasi, wisata alam, dan wisata belanja.

Hal ini membuat kawasan Gedebage menjadi kawasan primadona saat ini yang diharapkan ke depannya dapat menjadi kawasan maju di kota Bandung.

Berikut 5 destinasi wisata di kawasan Gedebage yang bisa dikunjungi dan cukup memanjakan mata untuk berlibur di akhir pekan bersama keluarga, teman bahkan pasangan.

1. Mesjid Raya Al Jabbar

Masjid Raya Al Jabbar, mesjid megah yang kini tengah menjadi sorotan banyak orang ini berlokasi di Jalan Cimincrang Nomor 14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Mulai dibangun sejak tahun 2017 lalu, Mesjid dengan biaya pembangunan mencapai Rp1 triliun tersebut diresmikan pada 30 Desember 2022.

Masjid megah yang dibangun di lahan seluas sekitar 25 hektare dengan kapasitas tampung 30 ribu jamaah ini menjadi destinasi kunjungan paling favorit yang dipadati oleh para pengunjung.

Pasalnya, mesjid ini ke depannya selain menjadi tempat ibadah juga akan menjadi destinasi wisata religi dan edukasi yang tidak hanya menyajikan sejarah tentang Rasulullah tetapi juga penyebaran Islam di Nusantara dan Jawa Barat.

2. Museum Nike Ardilla

Nama museum ini diambil dari nama seorang penyanyi berparas cantik bernama Nike Ardilla yang dikenal sebagai penyanyi papan atas Indonesia di akhir tahun 1980-an hingga era pertengahan tahun 1990-an.

Di museum ini, terdapat berbagai koleksi miliknya yang terpajang seperti gaun-gaun, ornament, serta mobil jip putih yang dulu sering dia gunakan.

Adapun lokasi museum tersebut berada di Jalan Aria Utama nomor 5, Kompleks Arya Graha, Gedebage.

3. Kolam Retensi Rancabolang

Kolam Retensi Rancabolang merupakan destinasi murah meriah untuk menikmati keindahan kolam retensi yang dibangun untuk mengatasi solusi banjir yang sering terjadi di wilayah Gedebage.

Kolam mini yang baru diresmikan pada 14 Desember 2022 ini berlokasi di Jalan SOR GBLA, , Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Adapun ruang terbuka hijau yang berada di sekeliling kolam saat ini sudah ditata menjadi ruang terbuka hijau tempat berkumpulkan warga sekitar.

4. Pasar Cimol Gedebage

Pasar Cimol terletak di Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, belakang Pasar Induk Gedebage, yang berada tidak jauh dari perempatan Jalan Soekarno Hatta-Jalan Gedebage Bandung.

Pasar ini dinilai cocok untuk pengunjung yang suka berburu fashion branded bekas karena menawarkan banyak pilihan berbagai fashion, termasuk fashion-fashion impor.

5. Kampung Blekok Rancabayawak

Ditengah pesatnya pembangunan yang berlangsung di kawasan Gedebage, ternyata masih ada destinasi wisata alam, yakni Kampung Belekok Rancabayawak.

Di kampung ini, mulanya terdapat 30 jenis burung sebelum akhirnya menyusut menjadi lima jenis. Sehingga wisata burung di Kampung Blekok Rancabayawak bisa jadi pilihan yang mengasyikan untuk berwisata sambil belajar terutama belajar mengenal berbagai macam jenis burung.

Adapun lima jenis burung yang terlihat masih singgah saat ini yakni burung kuntul kerbau, burung kuntul besar, burung kuntul kecil, burung korea, burung blekok.

Tempat wisata burung ini berlokasi di RW 2, Cisaranten Kidul, Kec. Gedebage, yang lokasinya tidak jauh dari Mesjid Raya Al Jabbar.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi