Top! 10 PLTA Terbesar di Indonesia, Berikut Daftarnya

Indonesia tercatat memiliki banyak PLTA Besar, Berikut ini daftar 10 PLTA terbesar di Indonesia

NewsTop List

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) merupakan sebuah sistem pembangkit listrik yang memanfaatkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik.

Keberadaan PLTA di Indonesia berperan penting dalam kehidupan masyarakat baik untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga, kebutuhan irigasi hingga kebutuhan listrik di sektor industri.

Dibalik peran pentingnya, PLTA diketahui memiliki keunggulan dibandingkan dengan tenaga pembangkit listrik lainnya seperti respon yang cepat dalam menyesuaikan kebutuhan beban listrik, ramah lingkungan, dan tidak menyebabkan polusi.

Sebagai negara maritim yang perairannya lebih luas dibandingkan daratan, pemanfaatan air sebagai sumber energi di Indonesia ini sudah sepantasnya dilakukan untuk banyak kepentingan sehingga tidak bergantung dengan energi fosil dari batu bara dan uap.

Indonesia tercatat memiliki banyak PLTA besar yang menjadi pemasok utama listrik di daerah sekitarnya.

Lantas, mana sajakah PLTA terbesar di Indonesia? Berikut daftar PLTA terbesar di Indonesia yang dikutip dari laman bisnis.tempo.co.

1. PLTA Cirata

Dilansir laman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), PLTA Cirata merupakan PLTA terbesar di Indonesia dan kedua di Asia Tenggara (setelah Vietnam) yang dibangun dengan kapasitas terpasang 1.008 MW dan produksi listrik rata-rata 1.428 GWh per tahun.

PLTA ini terletak di Waduk Cirata yang dikelola sepenuhnya oleh PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkitan Cirata.

Waduk Cirata adalah sebuah waduk yang terletak di tiga kabupaten, Provinsi Jawa Barat yakni Purwakarta, Cianjur dan Bandung Barat.

2. PLTA Saguling

PLTA Saguling merupakan salah satu PLTA terbesar di Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

PLTA dengan kapasitas terpasang 844,36 MW ini memanfaatkan sumber daya air dari Waduk Saguling untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, maupun industri agribisnis yang menjanjikan.

PLTA Saguling ditopang oleh 7 sub-unit, 1 unit jasa operasi, dan pemeliharaan pembangkit guna menjaga keandalan pasokan listrik.

Adapun sub-unit PLTA Saguling tersebut yaitu sub-unit PLTA Lamajan dengan kapasitas 19,56 Megawatt (Kabupaten Bandung), sub-unit PLTA Cikalong dengan kapasitas 19,2 Megawatt, PLTA Karacak dengan kapasitas 18,9 Megawatt (Kabupaten Bogor), sub-unit PLTA Ubrug dengan kapasitas 18,36 Megawatt (Kabupaten Sukabumi), sub-unit PLTA Parakan Kondang dengan kapasitas 9,9 Megawatt (Kabupaten Sumedang), sub-unit PLTA Plengan dengan kapasitas 6,87 Megawatt (Kabupaten Bandung), serta sub-unit PLTA Bengkok dan Dago dengan kapasitas 3,85 Megawatt (Kabupaten Bandung).

3. PLTA Poso

PLTA Poso merupakan PLTA terbesar di Indonesia Timur dengan kapasitas 515 MW yang dikelola oleh PT Poso Energy di Desa Sulewana, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Pembangunan PLTA Poso terbagi dalam dua tahap yaitu PLTA Poso Eksisting berkapasitas 3×65 Megawatt dan PLTA Poso Ekstension berkapasitas 4×30 Megawatt.

4. PLTA Batang Boru

PLTA Batang Boru merupakan salah satu PLTA terbesar di Indonesia berkapasitas 510 Megawatt yang dibangun di tiga kecamatan sekaligus yakni Batang Toru, Marancar, dan Sipirok.  

5. PLTA Tangga

PLTA Tangga merupakan salah satu PLTA terbesar di Indonesia berkapasitas 317 Megawatt yang berlokasi di Desa Paritohan, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

PLTA yang memiliki 4 unit generator ini dikelola oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum untuk memanfaatkan kembali air dari Stasiun Pembangkit Listrik Sigura-gura.

6. PLTA Mrica

PLTA Mrica merupakan salah satu PLTA terbesar di Indonesia yang berlokasi di Banjarnegara, Jawa Tengah.

PLTA yang dikelola oleh Mrica Power Generation Unit (PGU) ini terdiri dari 14 sub-unit dengan total kapasitas terpasang 310 Megawatt.

Adapun 14 sub-unit tersebut meliputi PLTA Garung, PLTA Jelok, PLTA Kedungombo, PLTA Ketenger, PLTA Klambu, PLTA Plumbungan, PLTA Pejengkolan, PLTA Sempor, PLTA Sidorejo, PLTA Siteki, PLTA Tapen, PLTA Timo, PLTA Wadaslintang, dan PLTA Wonogiri.

7. PLTA Sigura-gura

PLTA Sigura-gura merupakan salah satu PLTA terbesar di Indonesia yang terletak di sepanjang Sungai Asahan, Provinsi Sumatera Utara.

Pembangkit listrik Sigura-gura dengan 4 unit generator ini berada 200 meter di bawah permukaan tanah dengan kapasitas 286 Megawatt.

 8. PLTA Musi

PLTA Musi merupakan salah satu PLTA terbesar di Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

PLTA dengan kapasitas sebesar 210 Megawatt (3×70 Megawatt) yang menelan biaya pembangunan sebesar US$159 juta atau sekitar Rp1,5 triliun ini mampu membangkitkan energi listrik sebesar 1,140 GWh/tahun.

9. PLTA Asahan 3

PLTA Asahan 3 merupakan salah satu PLTA terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba Samosir.

PLTA dengan kapasitas terpasang 184 Megawatt ini tengah dibangun oleh PT PLN (Persero) dan PT Inalum (Persero) dengan target rampung pada tahun 2024 mendatang.

10. PLTA Bakaru II

PLTA Bakaru II merupakan salah satu PLTA terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan RUPTL PLN 2019-2028, PLTA dengan kapasitas 140 Megawatt ini ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2026 mendatang.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi