Proyek LRT Jakarta Fase 1B Velodrome – Manggarai Masuki Tahap Pemasangan Girder, Target Test Track September 2024

HeadlineNews

Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome – Manggarai terus berproses.

Kini, proyek tersebut telah memasuki tahap pemasangan girder penopang jalur perlintasan atas yakni pengangkatan balok girder pada tumpuannya atau biasa dikenal dengan sebutan erection girder.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin menjelaskan bahwa Girder ini merupakan salah satu struktur penopang utama untuk lintasan rel kereta LRT Jakarta.

Pemasangan girder pertama kali telah dilakukan pada 20 April 2024 lalu di area Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur tepatnya pada area span P06-07B, yang berdekatan dengan Jakarta International Velodrome (JIV) dan Mall Arion sebagaimana informasi yang dikutip dari laman idntimes.com.

Girder tersebut berjenis PCU girder dengan panjang 31,5 meter yang mana setiap spannya akan digunakan dua buah PCU girder untuk menopang dua jalur rel yang nantinya akan dibangun pada tahapan selanjutnya.

Adapun pemasangan pertama ini menandakan dimulainya pemasangan girder di seluruh jalur pelintasan LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai.

Setelah proses pengangkatan girder, fase konstruksi selanjutnya yang akan dilakukan yaitu penyambungan dua girder agar menjadi satu kesatuan struktur bangunan hingga akhirnya dilakukan pengerjaan konstruksi slab deck yang menjadi lantai kerja guna pekerjaan trackwork, seperti pemasangan sleeper dan juga rail track.

Meski pemasangan girder sudah mulai dilakukan, Iwan belum bisa menjelaskan secara pasti berapa lama proses girder di seluruh proyek berlangsung dan kapan target penyelesaiannya.

Iwan hanya menjelaskan bahwa proyek LRT Jakarta Fase 1B telah memenuhi persentase pembangunan sebesar 10,4291 persen. Hal ini mengindikasikan deviasi positif terhadap keseluruhan rencana proyek LRT Jakarta.

Dengan progres yang telah tercapai sejauh ini, LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai sepanjang 6,4 kilometer (km) ditargetkan masuk dalam tahap test track pada September 2024 mendatang.

Sebagai informasi, Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai merupakan lanjutan dari proyek LRT Jakarta Fase 1A rute Kelapa Gading-Velodrome yang sudah beroperasi sejak tahun 2019 lalu.

Pembangunan lanjutan ini mulai dikerjakan setelah melalui prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking yang dilaksanakan oleh Menteri Perhubungan Basuki Karya Sumadi pada 10 Oktober 2023.

LRT Fase 1B dengan rute sepanjang 6,4 kilometer ini akan melalui lima stasiun yaitu Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman dan Stasiun Manggarai.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi