Stadion Multifungsi Indoor GBK Telah Rampung, Siap Sambut FIBA World Cup 2023

News

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah berhasil menyelesaikan pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Pembangunan Stadion ini dilakukan dalam rangka menyambut pelaksanaan FIBA World Cup yang akan berlangsung pada 25 Agustus – 10 September 2023 mendatang.

Seperti diketahui bahwasanya Indonesia telah terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan FIBA World Cup atau Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 bersama dengan Jepang dan Filipina.

Dalam proyek ini, Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Essy Asiah menyampaikan Kementerian PUPR sebagai pengampu regulasi bangunan Gedung mendapatkan penugasan dari Presiden Jokowi untuk menyiapkan venue indoor yang multifungsi.

Penugasan tersebut bertujuan untuk membangun sebuah fasilitas yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan acara dalam ruangan.

Meski awalnya dibangun untuk penyelenggaraan FIBA World Cup 2023, Stadion basket berstandar piala dunia ini rupanya juga dapat dimanfaatkan untuk sarana olahraga lainnya seperti voli, bulutangkis, tenis, MMA, atletik, dan lain-lain. Bahkan tak hanya itu, IMS juga dapat difungsikan untuk sarana non olahraga seperti konser, meeting, convention, maupun exhibition.

Dalam proses pembangunannya, IMS telah memenuhi standar teknis Bangunan Gedung Hijau (BGH) dengan meraih predikat Madya dalam perencanaan dan pelaksanaannya serta menggunakan Building Information Modelling (BIM) 7D Asset Management yang berkontribusi dalam manajemen fasilitas secara efisien.

Berkat capaian tersebut, pembangunan IMS berhasil menjadi guidelines/ percontohan pembangunan venue olahraga bagi penyelenggaraan pertandingan FIBA.

Pembangunan IMS dikerjakan oleh PT Adhi Karya – PT Nindya Karya – PT Penta (KSO) dengan anggaran senilai Rp640,4 miliar yang bersumber dari APBN melalui skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Years Contract (MYC) 2021 – 2023.

IMS dibangun sebagai fasilitas sarana multifungsi indoor terbesar di Indonesia dengan luas bangunan 50.398 m2 yang dinilai mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.000 orang.

Adapun stadion IMS ini berlokasi di Blok 10 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan di Jakarta dengan lahan seluas 31.826 m2 milik Kementerian Sekretariat Negata di bawah pengelolaan PPKGBK.

Sebagai informasi, IMS telah diserah terimakan kepada pengelola PPKGBK pada Juni 2023. Dimana saat ini, proses konstruksi sudah selesai 100% dan tinggal menunggu peresmian oleh Presiden Jokowi.

Essy berharap keberadaan IMS GBK ini terus dipelihara dan dioperasionalkan dengan baik sehingga semua bangunan berfungsi agar umur bangunan sesuai dengan rencana dan sustainable.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi