PUPR Segera Tetapkan Pemenang Tender Proyek Tol IKN Seksi 6A

NewsProyek IKN

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera menetapkan pemenang tender proyek Jalan Tol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Seksi 6A Segmen Riko-Rencana Outer Ring Road.

Hal ini dikutip dari laman resmi LPSE Kementerian PUPR pada Senin (19/6/2023) yang dimana proses tender proyek tersebut terlihat telah memasuki tahapan penetapan pemenang.

Adapun pemenang tender nantinya akan diumumkan setelah proses penetapan pemenang yang berlangsung sejak 19 Juni 2023 sampai dengan 22 Juni 2023 tersebut selesai dilakukan.

Selama proses tender berlangsung, terdapat 5 perusahaan yang tercatat mengajukan harga penawaran tender dari sebanyak 69 badan usaha yang mengikuti lelang.

Badan usaha yang tercatat mengajukan penawaran tersebut datang dari perusahaan pelat merah seperti PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk., PT Brantas Abipraya (Persero), PT Hutama Karya (Persero) Tbk., dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Dimana dalam proyek bernilai pagu sebesar Rp1,54 triliun ini, PTPP dan Waskita Karya tercatat mengajukan harga penawaran senilai Rp1,52 triliun, Hutama Karya dan Brantas Abipraya dengan harga penawaran senilai Rp1,51 triliun, dan Adhi Karya dengan harga penawaran terendah yakni Rp1,49 triliun.

Bila mengacu pada data tersebut, Adhi Karya nampaknya akan menjadi calon kuat pemenang tender Jalan Tol IKN Seksi 6A.

Meskipun begitu, Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Farid Budiyanto menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu penetapan resmi dari Kementerian PUPR atas tender tersebut.

Sekilas informasi, Pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 6A sepanjang 6,28 kilometer (Km) ini dikerjakan dengan menggunakan APBN pagu anggaran 2023-2024.

Nantinya jalan tol tersebut akan memiliki 3 lajur untuk batas kecepatan maksimal 100 km per jam dengan lebar lajur 11,25 meter yang dikerjakan dalam waktu 420 hari.

Adapun proyek tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi