PUPR Mulai Perbaiki Jalan Daerah Nanga Manday – Nanga Embaloh di Kalimantan Barat

Kementerian PUPR melalui BPJN Kalimantan Barat Ditjen Bina Marga telah memulai perbaikan Jalan Ruas Nanga Manday – Nanga Embaloh di Provinsi Kalimantan Barat.

News

Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Barat Ditjen Bina Marga telah memulai perbaikan Jalan Ruas Nanga Manday – Nanga Embaloh sepanjang 30,47 km di Provinsi Kalimantan Barat.

Perbaikan ruas jalan daerah dari Nanga Manday menuju Nanga Embaloh ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) No. 3  Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Kepala BPJN Kalimantan Barat Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Handiyana menyampaikan bahwa perbaikan jalan tersebut telah dimulai sejak Agustus 2023 dan akan diselesaikan hingga Desember 2023 mendatang.

Untuk pengerjaannya sendiri, pembangunan jalan ini dilaksanakan oleh kontraktor PT MegaIndo Inti Kapuas – PT Pangkalan Bangun Borneo (KSO) dengan nilai anggaran mencapai sebesar Rp29,13 miliar

Adapun jalan tersebut nantinya akan terhubung dengan jalan nasional di ruas Nanga Semangut – Putussibau.

Ketua Komisi V DPR Lasarus mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kementerian PUPR yang sudah memulai perbaikan jalan tersebut untuk memudahkan warga Desa Nanga Embaloh, Kecamatan Embaloh Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu dalam pendistribusian hasil perkebunan dan perikanan ke Kota Putussibau.

Mengingat perjuangan yang tidak mudah untuk mendatangkan pembangunan ke daerah khususnya Kabupaten Kapuas Hulu, Lasarus meminta masyarakat untuk mendukung proses pembangunan agar bisa berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

Kepala Desa Nanga Embaloh, Andi menyampaikan bahwa proses pengajuan perbaikan jalan ini sudah dilakukan dari puluhan tahun lalu.

Sebelum adanya jalan ini, warga harus mengangkut hasil perkebunan dan perikanan melalui sungai dengan biaya yang cukup mahal.

Untuk PP ke Kota Putussibau melalui sungai, warga diketahui membutuhkan biaya bahan bakar perahu sekitar Rp200 ribu.

Oleh karena itu, Andi Kepala Desa Nanga Embaloh Kecamatan Embaloh Hilir Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan ucapan terima kasihnya atas bantuan Pemerintah Pusat yang telah memulai perbaikan ruas jalan tersebut.

Perbaikan jalan ini sudah lama dinantikan masyarakat kecamatan Embaloh Hilir, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Karena selain membuka akses jalan darat yang memadai, keberadaan jalan ini juga dapat membuat biaya transportasi menjadi lebih murah.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi