Presiden Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi II Cigombong – Cibadak

News

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong – Cibadak di wilayah Kecamatan Parungkuda, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat pada hari ini tepatnya Jumat, 4 Agustus 2023.

“Dengan mengucap Bismilahirrahmanirahim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat,” kata Jokowi dalam peresmian Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak yang disiarkan secara virtual melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Adapun peresmian jalan tol ini ditandai secara simbolis melalui proses penandatanganan prasasti yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo.

Sumber : YT Sekretariat Presiden

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi menyebut bahwa Pembangunan Jalan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong – Cibadak dengan panjang mencapai 11,9 km ini telah menelan biaya anggaran hingga mencapai Rp3,2 triliun.

Kehadiran jalan tol tersebut diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Sukabumi yang biasanya memakan waktu sekitar 5 – 6 jam perjalanan menjadi hanya sekitar 2,5 jam.

Dengan waktu tempuh yang semakin cepat tersebut, Jokowi menilai bahwa keberadaan ruas jalan tol ini akan mempercepat mobilitas orang dan mobilitas barang yang dipercaya bisa meningkatkan investasi di Jawa Barat.

Pasalnya, hasil survey para investor menunjukkan Jawa Barat menduduki ranking pertama dengan jumlah investasi terbanyak karena banyaknya jalan tol yang terbangun sehingga membuat banyak para investor menanamkan modalnya di wilayah ini.

Selain memangkas waktu tempuh dan dipercaya mampu meningkatkan investasi, Ruas Tol Cigombong – Cibadak juga dapat menjadi alternatif penghubung menuju jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa di Wilayah Jawa Barat yang dimana dengan terhubungnya Jalur Pansela dengan Tol Bocimi ini diharapkan akan mempermudah akses menuju kawasan pariwisata unggulan di sekitar Sukabumi seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh, Situ Gunung hingga Pantai Ujung Genteng.

Sebagai informasi, Ruas Jalan Tol Cigombong – Cibadak merupakan bagian dari Jalan Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (Tol Bocimi) yang memiliki total panjang mencapai 54 Kilometer.

Jalan tol ini dikelola oleh PT Trans Jabar Tol dengan kepemilikan saham terbesar dipegang oleh PT Waskita Toll Road (WTR) sebesar 99,99 persen dan 0,01 persen dimiliki oleh anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk, yakni Koperasi Waskita.

Tol Bocimi terdiri dari empat seksi yakni Seksi 1 Ciawi – Cigombong sepanjang 15,35 km, Seksi 2 Cigombong – Cibadak sepanjang 11,9 km, Seksi 3 Cibadak – Sukabumi Barat sepanjang 13,7 km, dan Seksi 4 Sukabumi Barat – Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.

Dari keempat seksi tersebut, Seksi 1 Ciawi – Cigombong sepanjang 15,35 km telah lebih dulu beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Sementara Seksi II Cigombong – Cibadak yang baru saja diresmikan hari ini rupanya sudah pernah difungsikan untuk memperlancar arus mudik Lebaran 15 April 2023 – 1 Mei 2023.           

Adapun saat ini progress keseluruhan seksi Cigombong – Cibadak yang berkaitan dengan pengoperasian telah selesai dan diharapkan dapat beroperasi dengan bertarif pada bulan Agustus 2023.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami

Back to top button
formbukudirekrorigapensi