Presiden Jokowi Berencana Bangun Infrastruktur Jalan Jayapura – Wamena Hingga Sinak di Papua Tengah

News

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kabarnya tengah berencana akan membangun jalan ruas Jayapura-Wamena-Sinak bersamaan dengan rencana perluasan Bandara Sinak di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Usai rapat terbatas terkait penanganan wabah kekeringan di wilayah Papua Tengah pada Kamis (10/08/2023), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa Presiden Jokowi memberikan arahan untuk adanya pembangunan ruas Jayapura-Wamena-Sinak yang melewati beberapa distrik, termasuk distrik ibu kota Puncak Jaya yaitu distrik Mulia.

Selain memberikan arahan, Muhadjir mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi juga telah menugaskan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk menangani pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan di Papua.

Muhadjir berharap adanya pembangunan jalan Jayapura-Wamena-Sinak serta perbaikan jalan ini dapat dimanfaatkan secara efektif untuk memajukan dan memakmurkan masyarakat Papua.

Muhadjir menyampaikan bahwa saat ini infrastruktur jalan dari Sinak menuju Agandugume belum memadai sehingga menyulitkan untuk pendistribusian bantuan jika terjadi bencana.

Oleh karena itu, pemerintah berencana melakukan penanganan jangka panjang dengan membangun jalan Jayapura-Wamena-Sinak yang diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat penyaluran bantuan-bantuan yang diperlukan saat terjadi bencana.

Seperti diketahui sebelumnya, sebanyak 6 orang meninggal dunia di Papua akibat kekeringan dan kelaparan. Hal itu terjadi karena pengiriman bantuan berupa bahan pangan sedikit terhambat mengingat akses yang masih terbatas. 

Back to top button
formbukudirekrorigapensi