Pemerintah Targetkan 30 PSN Rampung Tahun Ini, Nilai Investasi Capai Rp288 Triliun

News

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan sebanyak 30 Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai investasi diperkirakan mencapai Rp288 triliun dapat rampung pada tahun ini atau 2023.

Tercatat hingga 11 Juli 2023 lalu, Deputi VI Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo menyebut bahwa telah ada lima PSN diantaranya yang telah berhasil diselesaikan.

Dimana dari lima PSN tersebut, Tol Cisumdawu termasuk proyek strategis nasional yang belum lama ini telah selesai dan baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 11 Juli 2023.

Dengan rampungnya lima PSN ini, maka tersisa sebanyak 25 PSN lagi yang kini tengah dikebut pengerjaannya dan ditargetkan rampung hingga akhir tahun ini sebagaimana target awal yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Tak berhenti sampai di tahun ini, Pemerintah rupanya juga masih akan terus berupaya mengebut laju pembangunan PSN pada awal tahun depan seiring dengan akan berakhirnya masa pemerintahan era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada tahun 2024 mendatang atau tahun yang menjadi titik krusial penyelesaian PSN ini, Pemerintah menargetkan penyelesaian sekitar 30 – 31 PSN dengan nilai investasi mencapai Rp172 triliun.

Namun bila pembangunan fisik PSN belum bisa diselesaikan, Wahyu menegaskan bahwa setidaknya proyek PSN tersebut sudah dilakukan penyelesaian proses pengadaan lahan, pembiayaan, dan perizinannya.

Sebagai informasi, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian menyampaikan bahwa telah ada sebanyak 158 proyek strategis nasional (PSN) dengan nilai investasi sebesar Rp 1.102 triliun yang telah diselesaikan di bawah masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebanyak 158 PSN tersebut berhasil dituntaskan selama 8 tahun yang dimulai dari sejak tahun 2016 sampai dengan 11 Juli 2023. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian yang juga Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Wahyu Utomo pada Kamis, 13 Juli 2023.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi