Pembangunan Bendungan Bulango Ulu Telah Mencapai Progres 65%

HeadlineNews

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan progres pembangunan Bendungan Bulango Ulu, di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo telah mencapai 65%.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur Lombogia, menjelaskan pembangunan bendungan dengan kapasitas tampung 84 juta meter kubik (m3) dan area genangan seluas 483 hektare tersebut dikerjakan dengan biaya mencapai Rp2,42 triliun.

Luas genangan dari bendungan ini menandakan skala besar dari proyek ini dalam upaya mengamankan dan memanfaatkan sumber daya air di region tersebut, utamanya di Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Bone Bolango.

Apabila telah beroperasi nanti, bendungan tersebut akan dimanfaatkan untuk menyuplai kebutuhan irigasi air baku dan pengendalian banjir.

Bendungan Bulango Ulu dirancang sebagai bendungan multifungsi yang diharapkan dapat mendukung irigasi untuk area pertanian seluas 4.950 hektar, memenuhi kebutuhan air baku sebesar 2.200 liter per detik serta berpotensi sebagai sumber tenaga listrik dengan kapasitas 4,96 MW.

Selain menyediakan air baku, Bendungan ini juga memainkan peran kritikal dalam pengendalian banjir di wilayah hilir Sungai Bolango dengan mereduksi debit banjir hingga 414 meter kubik per detik.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi