Pelindo Gandeng Perusahaan Dubai Tingkatkan Pelabuhan Belawan, Nilai Investasi Capai Rp5,96 triliun

News

BUMN pelabuhan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo kabarnya belum lama ini menggandeng perusahaan logistik asal Uni Emirat Arab (UEA), Dubai Port (DP) World untuk bekerja sama dalam investasi dan pengoperasian (KSO) Belawan New Container Terminal (BNCT), Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Kerjasama Investasi dan Pengoperasian Belawan New Container Terminal (BNCT) antara Pelindo dengan Konsorsium INA-DP World yang digelar pada Jumat, 23 Juni 2023.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Arif Suhartono, Group Chairman and CEO DP World, Sultan Ahmed Bin Sulayem, dan Ridha Wirakusumah selaku Ketua Dewan Direktur Indonesia Investment Authority serta disaksikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Dalam acara penandatanganan ini, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan bahwa kerja sama ini dilakukan untuk memperkuat ekosistem logistik yang menjadi salah satu masalah terbesar pada perekonomian Indonesia.

Erick menilai percepatan dan terciptanya pembangunan ekosistem logistik yang baik akan menjadi kunci pertumbuhan ekonomi serta pembukaan lapangan pekerjaan untuk menjadi negara besar.

Oleh karena itu, Erick Thohir menyebut pemerintah mengalokasikan dana besar untuk pembangunan infrastruktur yang dinilai perlu dilakukan agar terciptanya interkoneksi logistik.

Adapun kerja sama ini diawali dengan pembentukan konsorsium DP World dengan Indonesia Investment Authority atau INA atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

Direktur Utama Pelindo Arief Suhartono menjelaskan bahwa kerja sama tersebut akan dilakukan selama 50 tahun dengan nilai investasi US$400 juta atau sekitar Rp5,96 triliun (asumsi kurs Rp14.900).

Kehadiran terminal baru ini diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi efisiensi biaya logistik nasional sehingga dapat meningkatkan daya saing produk Indonesia ke luar negeri dan  menjadikan Indonesia sebagai hub penting dalam jalur pelabuhan laut internasional.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi