Mengenal MLFF, Teknologi Canggih Pembayaran Tol Kilat Tanpa Sentuh

Infographic

Pemerintah berencana menerapkan teknologi pembayaran tarif tol baru yang dikenal dengan sistem pembayaran tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) pada penghujung tahun ini, untuk menggantikan sistem pembayaran tol yang saat ini menggunakan uang elektronik atau e-toll.

Sistem transaksi tol nontunai nirsentuh ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus di smartphone.

Dengan menggunakan sistem MLFF ini, pengguna jalan tol tidak perlu lagi menghentikan kendaraannya atau bahkan mengantri untuk tapping kartu elektronik saat ingin melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol.

Selain itu, sistem MLFF ini juga diklaim dapat mempersingkat waktu transaksi di gerbang tol menjadi 0 detik dari yang sebelumnya memakan waktu sekitar 4 detik dengan menggunakan uang elektronik dan 10 detik saat masih menggunakan transaksi tunai.

Dengan adanya penerapan teknologi ini, pihak BPJT berharap dapat membuat biaya operasi jalan tol menjadi lebih efisiensi. Sedangkan bagi pengguna jalan tol, penerapan teknologi ini dapat meminimalisir bahan bakar kendaraan karena tidak perlu lagi berhenti dan mengantri di gerbang tol.

Sebagai informasi tambahan, penerapan sistem ini akan dilakukan secara bertahap, dengan tahap awal penerapan yang rencananya akan dilakukan di 40 ruas tol di Pulau Jawa dan Bali, termasuk ruas tol di Jabodetabek dan Tol Trans-Jawa pada Desember 2022. Kemudian, ditargetkan dapat diterapkan sepenuhnya di seluruh jalan tol di indonesia pada akhir tahun 2023

Berita Infografis Lainnya

Back to top button
formbukudirekrorigapensi