Landasan Pacu Bandara VVIP IKN Ditargetkan Terbangun Sepanjang 2.200 Meter pada Juli 2024

HeadlineNewsProyek IKN

Pembangunan Bandara Very Very Important Person (VVIP) atau Naratetama di Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini masih terus dipercepat agar dapat mendukung mobilitas tamu penting saat upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Terutama terkait dengan pekerjaan landasan pacu (runway) yang ditugaskan kepada Kementerian PUPR.

Dimana hingga saat ini, pembangunan landasan pacu (runway) Bandara VVIP itu sendiri dilaporkan telah mencapai progres 14 – 15 persen.

Dan pada Juli 2024 mendatang, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengungkapkan konstruksi landasan pacu ditargetkan dapat terbangun sepanjang 2.200 meter dari total panjang mencapai 3.500 meter yang dijadwalkan akan tuntas pada akhir Desember 2024.

Danis menjelaskan bahwa bandara ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti Terminal VVIP, Terminal VIP, parkir, pos pemeriksaan, hanggar dan lain-lain yang merupakan tanggung jawab Kementerian perhubungan.

Bandara VVIP IKN tercatat masuk dalam pembangunan infrastruktur tahap 2. Kendati begitu, Bandara ini ditargetkan masuk tahap commissioning pada Juni-Juli 2024 mendatang bersamaan dengan proyek strategis lainnya dalam Batch 1 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Spesifikasi Bandara VVIP IKN (Bandara Naratema)

Bandara VVIP IKN atau Bandara Naratetama merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN serta mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.

Bandara ini dirancang memiliki luas terminal 7.350 meter persegi dan area bandara seluas 347 hektar.

Selain itu, Bandara ini juga didesain memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 3.000 meter dengan lebar 45 meter yang mampu didarati oleh pesawat berbadan besar seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Adapun untuk kapasitas apron Bandara VVIP IKN diproyeksikan mampu menampung 3 pesawat berbadan besar ditambah 1 pesawat berbadan kecil. Namun jika tidak ada pesawat berbadan besar, bandara ini bisa menampung sebanyak 7 unit pesawat berbadan kecil.

Tak hanya pesawat, bandara ini juga akan menyediakan helipad yang mampu menampung sebanyak 3 unit helikopter.

Fasilitas lainnya yang dimiliki Bandara VVIP IKN ini di antaranya adalah Terminal VVIP, Terminal VIP, Parkir GSE, Pos Pemeriksaan Sisi Udara, Pos Jaga, Hanggar, Cargo, Catering, DPPU, Rumah Pompa, STP & WTP, Substation Power House.

Kemudian terdapat juga Bengkel/GSE Maintenance, Bangunan Ibadah, Perkantoran, Gedung Karantina, Kantin, Rumah Dinas, TPS, Meteorologi, EOC, PKP PK, Power House, Gardu PLN, dan ATC Tower.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi