7 Pos Lintas Batas Negara Senilai Rp1,3 Triliun Telah Diresmikan Presiden Jokowi

HeadlineNews

Pada hari ini tepatnya Rabu (02/10/2024), Presiden Joko Widodo dikabarkan baru saja meresmikan 7 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di sejumlah wilayah Indonesia yang dibangun dengan total anggaran mencapai Rp 1,3 triliun.

“Hari ini kita akan meresmikan 7 PLBN Terpadu yang tersebar di NTT, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, di Papua Selatan, dengan total anggaran Rp 1,3 triliun, uang yang tidak sedikit,” kata Jokowi sebagaimana informasi yang dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Peresmian ini ditandai secara simbolis melalui prosesi penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti yang dilaksanakan bersama dengan Presiden Jokowi.

Adapun 7 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang telah diresmikan tersebut di antaranya yaitu :

  1. PLBN Terpadu Napan di Timor Tengah Utara, NTT, dengan anggaran Rp 128 miliar
  2. PLBN Serasan di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, dengan anggaran Rp 145 miliar
  3. PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, dengan anggaran Rp 224 miliar.
  4. PLBN Sei Nyamuk di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, dengan anggaran Rp 248 miliar
  5. PLBN Labang di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dengan anggaran Rp 210 miliar
  6. PLBN Long Nawang di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, dengan anggaran Rp 243 miliar
  7. PLBN Yetetkun di Distrik Ninati Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan, dengan anggaran Rp 127 miliar.

Setelah diresmikan, Presiden Jokowi berharap keberadaan PLBN Terpadu ini tak hanya dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Indonesia yang melintasi perbatasan.

Tetapi juga mampu mendorong pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru serta meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan.

Apalagi tingkat keamanan wilayah perbatasan ini merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara serta menjadi beranda terdepan yang mewakili wajah Indonesia.

Oleh sebab itu, tak heran jika Presiden Jokowi telah memerintahkan untuk dibangunnya PLBN di seluruh perbatasan sejak 10 tahun lalu.

Seperti diketahui, Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi tercatat telah membangun 15 PLBN dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2024.

Dari 15 PLBN tersebut, 7 PLBN di antaranya telah dibangun di tahun 2015-2019 dan 8 PLBN lainnya dibangun pada tahun 2020-2024.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Pj Gubernur NTT Andriko Noto Susanto, Bupati Kabupaten Timor Tengah Utara Juandi David, dan Kepala PLBN Napan Don Gaspar.

Back to top button