Groundbreaking Hari Ini, Pembangunan D’Prima Hotel di IKN Telah Resmi Dimulai

HeadlineNewsProyek IKN

Pembangunan D’Prima Hotel Nusantara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur telah dinyatakan resmi dimulai.

Hal ini ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini tepatnya Rabu, 25 September 2024.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini peletakan batu pertama (groundbreaking) D’Prima Hotel Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai,” ujar Jokowi sebagaimana informasi yang dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

Dalam acara peresmian tersebut, Presiden Jokowi turut memberikan apresiasi atas dimulainya pembangunan D’Prima Hotel Nusantara yang diharapkan dapat memberikan alternatif pilihan bagi pendatang yang akan mengunjungi IKN.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa D’Prima merupakan budget hotel pertama di IKN dengan nilai investasi sebesar Rp 100 miliar yang akan dibangun dengan 154 kamar di dalamnya.

Adapun untuk pembangunannya sendiri, rencananya akan diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat yakni hanya dalam waktu 1 tahun.

Mengutip informasi dari laman Xotels, hotel budget adalah hotel yang menyediakan fasilitas dan layanan minimum.

Hotel jenis ini umumnya hanya memiliki fasilitas dasar tanpa fitur mewah, seperti tempat tidur bersih, kamar mandi, dan penatu.

Kemudian setiap kamar di hotel budget juga berukuran tidak terlalu luas meski kamar-kamar tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti TV, AC, dan lemari pakaian.

Karena minimnya fasilitas yang tersedia di dalamnya, harga sewa kamar di hotel budget ini pun biasanya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan harga sewa kamar di hotel lainnya di area tersebut.

Dengan demikian, hotel budget ini dinilai sangat cocok untuk konsumen atau wisatawan dengan dana terbatas yang hanya mampu mengeluarkan uang dalam jumlah minimum untuk menginap.

Selain itu, hotel ini juga merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang bepergian sendirian atau hanya ingin tinggal dalam jangka waktu singkat.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara ini yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi Rosan Roeslani, Plt. Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Presiden Komisaris PT Primahotel Management Indonesia Frans Wantono, dan Direktur D’Primahotel Nusantara PT Prima Hotel Manajemen Indonesia Fri Deti Surfiani.

Back to top button