Top !, WIKA Beton Jadi Produsen Beton Pertama Dapat Sertifikasi Internasional EPD, Ini Keunggulannya 

HeadlineNewsTop List

PT Wijaya Karya Beton Tbk atau biasa disingkat WIKA Beton tercatat menjadi produsen beton pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan sertifikasi internasional Environmental Product Declaration (EPD) untuk produk PC Spun Pile (Tiang Pancang) yang diverifikasi secara independen oleh Lembaga 2B Srl (Italy).

Sertifikasi ini diraih berkat langkah nyata yang dilakukan WIKA Beton dalam mengurangi emisi karbon pada proses produksi beton pracetak.

Hal ini sebagaimana informasi yang dikutip dari laman instagram @wikabeton melalui unggahannya yang tayang pada 18 September 2024.

Sumber : Instagram Wika Beton

Melalui unggahan dalam akun instagramnya tersebut, dijelaskan bahwa EPD merupakan dokumen laporan komprehensif yang isinya mengungkap dampak lingkungan suatu produk dari proses produksi hingga akhir masa pakainya menggunakan analisa life cycle assessment yang mengacu pada ISO 14025 dan ISO 14040.

Sumber : Instagram Wika Beton

Laporan yang terverifikasi secara internasional ini mampu merinci berbagai potensi pemanasan global (global warming potential/GWP) seperti dampak pada karbon, udara, tanah dan badan air.

Dengan demikian, Sertifikasi EPD ini menunjukkan secara transparan komitmen WIKA Beton untuk menerapkan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dalam seluruh siklus hidup produknya.

Selain meraih sertifikat EPD, anak usaha Wijaya Karya yang bergerak di bidang industri beton pracetak ini juga mengantongi sertifikasi lainnya guna mendukung proses bisnisnya.

WIKA Beton sebelumnya disebut juga telah mengantongi sertifikat Greenship Solution Endorsement (GSE) dengan predikat Platinum.

WIKA Beton menjadi produsen pertama di Indonesia yang mengantongi sertifikat Greenship Solution Endorsement (GSE) dengan predikat Platinum berkat upaya inovatifnya dalam mereduksi emisi karbon demi mendukung tercapainya target Net Zero Emission.

Adapun perolehan sertifikat EPD dan GSE ini dipercaya dapat memperkuat posisi WIKA Beton sebagai pelopor produk beton ramah lingkungan di Indonesia.

Maka dari itu, WIKA Beton diinformasikan akan kembali melakukan sertifikasi EPD untuk produk-produk beton lainnya ke depannya.

Selain itu, WIKA Beton juga akan terus mendorong langkah-langkah inovatif dalam proses bisnisnya demi keberlanjutan lingkungan. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Direktur Teknik & Produksi WIKA Beton Verly Widiantoro.

Verly menyampaikan bahwa Wika Beton telah menyiapkan tiga strategi besar yang akan diterapkan secara bertahap mulai dari tahun pertama sampai tahun ketiga.

Strategi tersebut terangkum dalam tiga pilar transformasi yakni akselerasi kas, keunggulan operasional dan ketahanan dari sisi komersial.

  • Dari sisi akselerasi kas, WIKA Beton akan melakukan restrukturisasi metrik keuangan untuk optimasi kepemilikan kas dan meningkatkan kesehatan keuangan.
  • Lalu dari sisi operasional, WIKA Beton akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas untuk mencapai kinerja optimal.
  • Dan dari sisi komersial, WIKA Beton akan melakukan penyesuaian bisnis, produk, dan layanan guna mencapai competitive advantage.

Selain menyiapkan tiga strategi tersebut, Verly Widiantoro juga mengungkapkan bahwa WIKA Beton ke depannya juga ingin memetakan pasar seperti pracetak (precast), readymix, hingga pasar jasa agar kapasitas perseroan dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Kemudian perseroan juga akan mendorong lini-lini bisnis yang matang seperti tiang pancang (PC Spun Pile) yang bersifat green. Dan bahkan, meluncurkan produk baru seperti pile green, building green, termasuk lini bisnis beton pracetak yang akan diarahkan kepada ramah lingkungan.

Back to top button