Capai Progres Konstruksi 94,86%, Bendungan Lau Simeme Segera Rampung dan Siap Diresmikan

HeadlineNews

Progres Pembangunan Bendungan Lau Simeme di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dilaporkan telah menyentuh angka 94,86 persen atau hampir selesai dan siap untuk diresmikan.

Hal ini sebagaimana informasi yang dikutip dari laman resmi instagram Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air Kementerian PUPR dalam unggahannya yang tayang pada hari ini tepatnya Selasa, 17 September 2024.

Melalui unggahannya, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR menjelaskan bahwa Bendungan Lau Simeme merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pembangunan bendungan ini telah dimulai sejak tahun 2017 lalu dengan biaya mencapai Rp1,65 triliun.

Pembangunan Bendungan Lau Simeme terbagi dalam dua paket pekerjaan yakni Paket 1 yang dikerjakan oleh PT Wijaya Karya – PT Bumi Karsa (KSO) dan Paket 2 yang dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) – PT Andesmon Sakti (KSO).

Adapun secara desain, Bendungan ini dirancang dengan tipe zonal timbunan batu yang memiliki tinggi 69,50 meter dari sungai, panjang puncak bendungan 205 meter dengan luas area genangan 125,84 hektar.

Bendungan dengan kapasitas tampung 21,07 juta meter kubik ini disebut dapat dimanfaatkan untuk mereduksi banjir sebesar 289 meter kubik/detik, serta penyediaan air baku sebesar 2.850 liter/detik.

Selain sebagai pengendali banjir dan penyedia air baku, Bendungan Lau Simeme juga memiliki fungsi tambahan yaitu menyediakan energi listrik sebesar 1 megawatt (MW), dan menjadi tempat destinasi pariwisata.

Back to top button