Pembangunan Berjalan Lancar, Tol IKN Seksi 6B dan Seksi 6C Ditargetkan Rampung Juni 2025

HeadlineNewsProyek IKN

Pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 6B Outer Ring Road – Sp. ITCHI, dan Akses Tol IKN Seksi 6C Sp. ITCHI – Simpang 1B Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) ditargetkan rampung pada Juni 2025 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau kedua proyek tersebut pada Minggu, 15 September 2024.

Dalam peninjauan yang dilakukannya saat itu, Menteri PUPR Basuki menyampaikan progres pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 6B dan Akses Tol IKN 6C sudah berjalan dengan lancar dan rapi.

Oleh karena itu, Menteri Basuki meminta pembangunan jalan tol dipercepat agar dapat segera dimanfaatkan.

Selain dipercepat, pada kesempatan yang sama diinformasikan bahwa Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga juga meminta dilakukannya penghijauan pada Jalan Tol IKN Seksi 6B – 6C sebagai upaya untuk pengendalian erosi lahan.

Adapun perkembangan terkini dari kedua proyek tersebut sebagaimana informasi yang dikutip dari laman bisnis.com dilaporkan bahwa pembangunan jalan tol IKN seksi 6B sepanjang 5,7 km telah mencapai progres 41% dengan pekerjaan struktur selesai dan tengah dalam proses cut and fill.

Sedangkan, pembangunan jalan tol IKN seksi 6C telah mencapai progres 77,35% dengan pekerjaan struktur mencapai 58,32%, dan lahan sebesar 38,77%.

Pembangunan kedua jalan tol ini dikerjakan oleh PP – Waskita – YPP sebagai kontraktor pelaksana melalui kerja sama operasi (KSO).

Lingkup pekerjaan pada pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 6B dilengkapi dengan 1 jembatan sepanjang 370 meter, overpass sepanjang 82 meter di 2 lokasi, slab on pile di 2 lokasi, dan box culvert di 24 lokasi. 

Sedangkan lingkup pekerjaan pada Jalan Tol IKN Seksi 6C dilengkapi dengan perkuatan lereng, pembangunan box culvert, box Multi Utility Tunnel (MUT), secant pile, DPT dan Jembatan Pelengkung.

Back to top button