TOP! Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Aceh, 4 Seksi Tol Sigli – Banda Aceh Sepanjang 35 Km Telah Diresmikan

HeadlineNewsTop List

Sebanyak empat dari enam seksi ruas Jalan Tol Sigli – Banda Aceh telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Senin, 9 September 2024.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Jalan Tol Sigli-Banda Aceh seksi 2, seksi 3, seksi 5, dan seksi 6, pagi hari ini saya nyatakan diresmikan,” ucap Presiden sebagaimana informasi yang dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

Empat seksi sepanjang 35 kilometer yang telah diresmikan tersebut di antaranya yaitu

  • Seksi 2 (Seulimeum – Jantho) sepanjang 6 km,
  • Seksi 3 (Jantho – Indrapuri) sepanjang 16 km,
  • Seksi 5 (Blang Bintang-Kuto Baro) sepanjang 8 km,
  • Seksi 6 (Kuto Baro-Baitussalam) sepanjang 5 km.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya infrastruktur sebagai kunci peningkatan konektivitas di Indonesia.

Oleh karena itu, Pemerintah akan terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk jalan tol guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan di berbagai wilayah di Indonesia.

Jalan Tol Sigli – Banda Aceh merupakan jalan tol pertama di Provinsi Aceh yang termasuk dalam bagian dari Jaringan Jalan Tol Trans Sumatera.

Dengan diresmikannya tol tersebut, Presiden Jokowi berharap tersambungnya Jalan tol Trans Sumatra dapat meningkatkan efisiensi waktu tempuh, memberikan efek ganda bagi masyarakat serta mendorong pemerataan ekonomi di Pulau Sumatra.

Sebagai informasi, proyek pembangunan Tol Sigli – Banda Aceh telah dimulai sejak tahun 2019 dan menghabiskan anggaran hingga mencapai sebesar Rp13,5 triliun.

Presiden Jokowi meyakini infrastruktur penting ini mampu menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, memotivasi usaha kecil dan mikro, serta membangkitkan perekonomian di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Selain menciptakan titik pertumbuhan ekonomi baru, Peresmian infrastruktur ini juga dinilai menjadi langkah konkret pemerintah dalam membangun infrastruktur yang merata di seluruh penjuru Indonesia, dengan harapan besar bahwa peningkatan konektivitas akan membawa dampak positif yang luas bagi masyarakat dan perekonomian.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj. Gubernur Aceh Safrisal ZA, dan Pj. Bupati Aceh Besar Iswanto.

Back to top button