Proyek Tambak Udang Modern Terbesar di Indonesia Garapan Adhi Karya Tuntas Dibangun dan Diresmikan

News

PT Adhi Karya (Persero) Tbk atau ADHI telah berhasil merampungkan proyek pembangunan Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) yang berlokasi di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Sumber : Youtube Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB)

Proyek kawasan tambak budidaya udang yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp175 miliar ini pun telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis, 9 Maret 2023.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini saya resmikan Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah,” kata Jokowi dalam peresmian Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan yang disiarkan secara virtual melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis, 9 Maret 2023.

Sumber : Youtube Sekretariat Presiden

Adapun peresmian tersebut ditandai secara simbolis melalui penandatanganan prasasti yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo di Desa Plesung, Karangrejo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Kawasan ini dinobatkan sebagai kawasan tambak udang modern pertama dan terbesar di Indonesia sekaligus sebagai percontohan nasional kawasan budidaya yang modern dan berkelanjutan.

Proyek yang dikerjakan oleh ADHI di bawah naungan Direktorat Jendral Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini dibangun sejalan dengan kemampuan produksi udang di laut selatan Jawa.

KKP bersama ADHI melakukan pembangunan kawasan BUBK dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas para Nelayan Kebumen melalui tangkapan udang.

Adapun lingkup pekerjaan ADHI dalam proyek ini meliputi area tambak seperti intake laut, tandon utama, tambak pemeliharaan dan sumur resapan serta area perkantoran seperti laboratorium, workshop, kantor utama, mess operator dan gudang.

Selain itu, ADHI juga melakukan penataan kawasan, lanskap dan taman di sekitar tambak sehingga dapat berperan sebagai objek wisata baru untuk daerah Kabupaten Kebumen.

Pembangunan infrastruktur Kawasan BUBK Terbesar di Indonesia tersebut berhasil diselesaikan ADHI dalam waktu kurang dari satu tahun dengan proses pengerjaan yang dimulai dari April 2022 dan selesai pada Desember 2022.

Tambak BUBK ini dibangun di atas lahan seluas 60 hektar milik Pemerintah Daerah Kebumen dengan rencana produksi yang diproyeksikan mampu menghasilkan 40 ton udang untuk per hektare-nya.

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur kawasan tambak udang merupakan proyek pertama bagi BUMN konstruksi yang dinilai dapat menambah potensi perseroan dalam mengembangkan kompetensi konstruksinya sejalan dengan bisnis konstruksi lingkungan yang kini tengah digeluti ADHI.

Entus menyebut pihaknya berkomitmen untuk menghasilkan karya konstruksi yang mampu memberikan manfaat baik kepada masyarakat maupun lingkungan

Back to top button