3 Gedung Ini Bikin Jakarta Masuk Daftar 20 Kota dengan Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

HeadlineNews

Negara maju merupakan sebuah kondisi yang seringkali disebut untuk suatu negara dengan taraf hidup yang tinggi baik dari segi ekonomi, kesejahteraan masyarakat maupun kemajuan teknologi di berbagai bidang sehingga bisa mencapai banyak keberhasilan.

Namun, tingkat kemajuan suatu negara tidak hanya dapat diukur dari kualitas taraf hidup masyarakatnya, melainkan juga bisa dilihat dari seberapa pesatnya pembangunan di daerah perkotaan.

Pesatnya pembangunan di daerah perkotaan seringkali ditandai dengan banyaknya gedung pencakar langit menjulang tinggi yang menghiasi lanskap kota pada suatu negara.

Meskipun gedung – gedung pencakar langit umumnya ditemui di negara maju, Indonesia yang saat ini masih menyandang status sebagai negara berkembang rupanya juga memiliki gedung – gedung pencakar langit yang tak kalah megah terutama di Kota Jakarta.

Bahkan siapa sangka, Kota Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia ini ternyata masuk dalam daftar kota dengan gedung pencakar langit tertinggi di dunia.

Sebagaimana informasi yang dikutip dari laman detik.com, Jakarta berhasil menempati peringkat 11 dalam daftar 20 kota dengan gedung pencakar langit di dunia.

Mengutip informasi dari laporan Buildworld, berikut 20 kota yang memiliki gedung pencakar langit tertinggi di dunia di antaranya yaitu :

  1. Kota Dubai di Uni Emirat Arab
  2. New York City, Amerika Serikat
  3. Kota Shenzhen di China
  4. Kota Shanghai di China
  5. Kota Guangzhou di China
  6. Kota Chicago di Amerika Serikat
  7. Hong Kong
  8. Kota Chongqing di China
  9. Kota Kuala Lumpur di Malaysia
  10. Kota Wuhan di China
  11. Kota Jakarta di Indonesia
  12. Kota Mumbai di India
  13. Kota Tianjin di China
  14. Kota Nanning di China
  15. Kota Bangkok di Thailand
  16. Singapura
  17. Kota Nanjing di China
  18. Kota Tokyo di Jepang
  19. Kota Toronto di Kanada
  20. Kota Melbourne di Australia

Pencapaian ini tak lepas dari keberhasilan Indonesia yang telah membangun beberapa gedung pencakar langit tertinggi di Jakarta seperti Autograph Tower dengan ketinggian 382,9 meter (tertinggi saat ini), Gama Tower dengan ketinggian 285,5 meter, dan Revenue Tower dengan ketinggian 260 meter.

1. Autograph Tower

Autograph Tower merupakan gedung pencakar langit setinggi 382,9 meter dengan total 75 lantai yang mulai dibangun sejak 2013 dan rampung pada tahun 2022 lalu. Gedung ini berlokasi di Kompleks Thamrin Nine, Jalan M. H. Thamrin, Jakarta.

Dengan tinggi yang dimilikinya, gedung milik PT Putra Gaya Wahana (PGW) ini menempati peringkat ke-50 di dunia dan ke-34 di Asia sebagaimana informasi yang dikutip dari situs skyscrapercenter.com.

2. Gama Tower

Gama Tower merupakan gedung pencakar langit setinggi 285,5 meter dengan total 69 lantai yang mulai dibangun selama 4 tahun sejak tahun 2011 hingga tahun 2015 lalu.

Dengan tinggi yang dimilikinya, Gedung pencakar langit ini sempat menjadi yang tertinggi di Indonesia sebelum adanya Autograph Tower.

Dan bahkan, gedung milik crazy rich Medan, Ganda Sitorus dan Martua Sitorus ini juga menempati peringkat ke – 287 di dunia dan ke – 179 di Asia sebagaimana informasi yang dikutip dari situs skyscrapercenter.com.

3. Revenue Tower

Gedung ketiga merupakan gedung pencakar langit setinggi 260 meter dengan total 30 lantai yang dibangun di kawasan SCBD, tepatnya District 8, SCBD Lot. 13, Jalan Jend. Sudirman Kav. 52-53.

Dengan tinggi yang dimilikinya, gedung ini menempati peringkat ke – 511 di dunia dan ke – 316 di Asia sebagaimana informasi yang dikutip dari situs skyscrapercenter.com.

Back to top button