Stadion JIS Akan Direnovasi, PUPR Targetkan Rampung Dalam 3 Bulan

News

Pemerintah berencana akan merenovasi Jakarta International Stadium (JIS) yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan renovasi Jakarta International Stadium (JIS) yang menjadi venue Piala Dunia U-17 dapat diselesaikan dalam kurun tiga bulan.

Setelah JIS berhasil direnovasi, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjadja menyampaikan bahwa JIS kemudian akan dilakukan pengecekan oleh Komite Keselamatan Bangunan Gedung (KKBG).

Endra mengungkapkan alasan JIS direnovasi karena perlu dilakukan perbaikan – perbaikan di beberapa aspek terutama rumput, akses, parkir dan beberapa hal di luar stadion seperti stasiun atau terminal sementara untuk kereta api, ramp tol, dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dari Ancol.

Adapun pekerjaan pertama yang akan dilakukan PUPR dalam renovasi ini adalah mengganti seluruh rumput JIS saat ini dengan rumput lapangan golf mengikuti arahan ahli agronomi, yaitu Chairman Karya Rama Prima (KaErpe) Qamal Mustaqim.

Sebelumnya, ​Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono telah memperkirakan​​​​​​ perbaikan rumput satu lapangan utama JIS dapat menghabiskan biaya sekitar Rp6 miliar.

Dimana biaya tersebut nantinya juga akan dianggarkan Kementerian PUPR bersamaan dengan biaya pembangunan akses jembatan penyeberangan orang (JPO) dari Ancol.

Basuki mengungkapkan bahwa Pemprov DKI juga akan turut andil membiayai pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) dari stasiun kereta api rel listrik (KRL) dekat JIS dan pembangunan pintu timur JIS.

Adapun pembangunan stasiun sendiri dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan dibantu oleh TransJakarta untuk mengkondisikan area antar jemput (shuttle) di dekatnya.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi