Ratusan Bendungan Terbangun di Indonesia, Ada yang Terbesar, Terpanjang dan Tertinggi

HeadlineNews

Bendungan merupakan salah satu infrastruktur yang memainkan peran penting dalam manajemen sumber daya air di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia.

Indonesia sendiri hingga saat ini tercatat telah membangun ratusan bendungan yang tersebar di berbagai wilayah untuk mendukung ketahanan air dan pangan nasional.

Dari ratusan bendungan yang telah terbangun, terdapat tiga bendungan dengan bentuk dan ukuran berbeda yang menyandang predikat sebagai bendungan terbesar, bendungan terpanjang, dan bendungan tertinggi di Indonesia.

Mengutip informasi dari laman instagram Kementerian PUPR, tiga bendungan tersebut di antaranya yaitu :

Bendungan Jatiluhur (Bendungan Terbesar)

Bendungan Jatiluhur yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat ini meraih gelar sebagai Bendungan Terbesar di Indonesia.

Selain disebut sebagai bendungan yang terbesar, Bendungan Jatiluhur juga merupakan bendungan serbaguna pertama di Indonesia.

Bendungan dengan panorama danau seluas 8.300 hektar ini mulai dibangun tahun 1957 dan diresmikan pada tahun 1967.

Bendungan Jatiluhur dibangun dengan membendung Sungai Citarum dengan luas daerah aliran sungai seluas 4.500 km persegi. Waduk Jatiluhur mampu mengairi jaringan irigasi dengan luas 242.000 hektar, serta difungsikan juga untuk penyediaan air baku, budi daya, dan penanggulangan banjir.

Bendungan Semantok (Bendungan Terpanjang)

Selain bendungan terbesar, Indonesia juga memiliki bendungan terpanjang yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember 2022 lalu.

Bendungan tersebut yaitu Bendungan Semantok yang terletak di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Bendungan Semantok menyandang rekor MURI sebagai bendungan terpanjang di Indonesia dengan panjang puncak bendungan 3.100 meter.

Bendungan ini memiliki kapasitas tampung sebesar 32,67 juta m3 yang bersumber dari aliran Sungai Semantok dengan area genangan seluas 365 hektar.

Bendungan Bener (Bendungan Tertinggi)

Bendungan Bener yang terletak di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah diklaim menjadi bendungan tertinggi di Indonesia.

Bendungan ini memang masih dalam tahap konstruksi, namun rencananya bendungan ini akan dibangun dengan tinggi bendungan utama mencapai 169 meter dari dasar fondasi terdalam.

Setelah konstruksi selesai, Bendungan Bener nantinya diproyeksikan akan mampu mengairi lebih dari 15.500 hektar lahan irigasi.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi