Permintaan Semen Melonjak, Cemindo Gemilang Siap Operasikan Pabrik Baru Semen Merah Putih di Sumatera

HeadlineNews

Produsen Semen Merah Putih, PT Cemindo Gemilang Tbk kabarnya akan mengoperasikan pabrik baru di Pulau Sumatra pada Juni 2024 mendatang.

Meskipun demikian, Cemindo sejauh ini belum merinci perihal lokasi dan target pasar yang dibidik terkait pabrik baru Semen Merah Putih tersebut.

Namun yang pasti, Pengoperasian pabrik baru ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas produksi perusahaan dalam rangka memenuhi permintaan semen yang akan melonjak pasca pemilu.

Seperti diketahui, permintaan semen CMNT mulai menunjukkan geliat pada awal Mei setelah sebelumnya mengalami penurunan sejak dua tahun terakhir akibat kelebihan pasokan atau oversupply, apalagi pada kuartal pertama tahun ini yang cukup terganggu dengan adanya Pemilu 2024.

Commercial Director Cemindo Gemilang, Surindro Kalbu Adi, menjelaskan bahwa perusahaan cukup aktif meresmikan pabrik baru dalam rangka ekspansi bisnis pada hampir setiap tahunnya.

Bahkan jika ditotalkan, Cemindo Gemilang saat ini tercatat telah memiliki enam pabrik di Indonesia yang tersebar di wilayah Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, dan Bengkulu.

Mengutip informasi dari laman semenmerahputih.com, enam pabrik tersebut di antaranya :

  • Pabrik Semen Terintegrasi di Bayah, Provinsi Banten
  • Pabrik Penggilingan di Medan, Provinsi Sumatra Utara
  • Pabrik Penggilingan di Bengkulu, Provinsi Bengkulu
  • Pabrik Penggilingan di Ciwandan, Provinsi Banten
  • Pabrik Penggilingan di Gresik, Provinsi Jawa Timur
  • Pabrik Pengemasan di Wajok, Kalimantan Barat.

Selain giat melakukan ekpansi bisnis, CMNT juga terus fokus meningkatkan kinerjanya di industri semen hingga tahun ini.

Secara kinerja, CMNT diketahui telah membalikkan rugi menjadi laba bersih di sepanjang tahun 2023 lalu. CMNT tercatat membukukan laba bersih Rp154,8 miliar pada tahun 2023 atau berbalik dari rugi Rp89,36 miliar di tahun sebelumnya yakni 2022.

Selain fokus pada peningkatan kinerja keuangan, CMNT pada tahun 2023 juga melakukan investasi pada alat berat listrik untuk menggantikan beberapa alat berat berbasis bahan bakar fosil untuk kegiatan operasional di pabrik dan lokasi tambang.

Profil PT Cemindo Gemilang Tbk

Berdiri sejak tahun 2011, PT Cemindo Gemilang merupakan produsen semen berkualitas premium dengan merek dagang Semen Merah Putih.

Sejak awal berdiri, PT Cemindo Gemilang berkomitmen menjaga konsistensi kualitasnya melalui penyediaan bahan baku semen terbaik dan pembangunan pabrik-pabrik berteknologi mutakhir yang dioperasikan oleh tenaga kerja profesional.

PT Cemindo Gemilang saat ini telah mendirikan enam pabrik di Indonesia yang tersebar di wilayah Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, dan Bengkulu.

Dalam waktu lima tahun, PT Cemindo Gemilang berhasil mendistribusikan Semen Merah Putih ke 17 provinsi di Indonesia dengan jaringan distribusi dan pemasaran di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Ke depannya, Semen Merah Putih akan terus meningkatkan area pendistribusiannya, sesuai dengan komitmen PT Cemindo Gemilang untuk menyediakan semen berkualitas premium di seluruh Indonesia.

Adapun beberapa produk ramah lingkungan Semen Merah Putih mencakup tipe semen portland composite cement (PCC), hydraulic cement, hingga portland slag cement.

Melalui Semen Merah Putih, PT Cemindo Gemilang Tbk menyediakan produk Beton Siap Pakai dan Beton Pracetak bermerek Merah Putih Beton sebagaimana informasi yang dikutip dari laman kompas.com.

Cemindo Gemilang menjadi produsen semen pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi carbon injection (injeksi karbon) dalam produk Merah Putih Beton, baik precast (pra-cetak) maupun readymix.

Dikenal mampu menghasilkan konstruksi beton yang lebih kuat dan tahan lama, produk Merah Putih Beton ini rupanya telah digunakan pada pembangunan salah satu jalan tol di Indonesia yakni Jalan Tol Dalam Kota maupun Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Hal ini sebagaimana informasi yang dikutip dari laman kompas.com, Dimana produk tersebut diklaim mendominasi pada pengerjaan Jalan Tol Dalam Kota maupun Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Back to top button
formbukudirekrorigapensi