Mustika Land Group Gaet Scientex dan Creed Group Kembangkan Perumahan Mustika Garden Tamansari

News

Mustika Land Group, salah satu perusahaan pengembang properti di Indonesia ini menjalin kerja sama dengan pengembang properti asal malaysia bernama Scientex Berhad dan perusahaan investasi real estat asal Jepang bernama Creed Group untuk mengembangkan proyek perumahan terjangkau (affordable housing) di Desa Tamansari, Bekasi, Jawa Barat yaitu Mustika Garden Tamansari.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Joint Venture (JV) antara ketiga belah pihak yang dilakukan di Hotel Fairmont, Jakarta pada Selasa, 21 Maret 2023.

CEO Mustika Land David Sudjana menjelaskan bahwa ini merupakan pembangunan tahap pertama Mustika Garden Tamansari yang akan dikerjakan di atas lahan seluas 5 hektare dengan waktu pengerjaan selama 3 sampai 4 tahun.

Namun tak berhenti sampai disitu, proyek perumahan Mustika Garden Tamansari ini nantinya masih akan terus dikembangkan hingga berdiri di atas lahan seluas 20 hektar dengan dilengkapi beragam fasilitas untuk para penghuni, termasuk area komersial berupa ruko serta dikelilingi fasilitas lainnya seperti sekolah, rumah sakit, pasar dan pusat belanja yang sudah ada.

Selain dilengkapi beragam fasilitas, lokasi perumahan ini juga tak jauh dari dan menuju Gerbang Tol Setu Selatan dari ruas Jalan Tol Cimanggis – Cibitung atau hanya berjarak waktu tempuh sekitar 8 menit saja sehingga perumahan dengan desain konsep smart project, active living, dan fasilitas yang eco friendly ini menjadi pilihan yang sangat menarik bagi keluarga muda dengan harga yang sangat terjangkau.

Adapun Estimasi Gross Development Value untuk kerjasama tahap pertama ini mencapai sebesar Rp250 miliar.

Proyek perumahan ini menargetkan segmen konsumen kelas menengah, khususnya untuk keluarga muda atau pasangan yang baru berumah tangga dan belum memiliki rumah (rumah pertama).

Oleh karena itu, harga jual yang ditawarkan nantinya akan terjangkau dengan kisaran harga dimulai dari Rp500 juta hingga Rp1 miliar.

Guna memiliki unit rumah di Mustika Garden Tamansari, konsumen bisa memilih cara bayar cash keras atau tunai secara bertahap, hingga KPR (kredit pemilikan rumah) dengan cicilan mulai dari Rp4 jutaan.

Selain menyediakan rumah hunian, Perumahan Mustika Garden Tamansari juga akan dilengkapi dengan area komersial (ruko) sebanyak 24 unit yang akan dijual dengan harga di bawah Rp1 miliar.

David menjelaskan bahwa ketiga perusahaan yang bekerja sama tersebut memiliki tujuan yang sama yakni menyediakan perumahan dengan harga terjangkau bagi pasar Indonesia dan Asia Tenggara.

Sehingga kerja sama ini dinilai perlu karena menggabungkan pengetahuan dan keahlian pasar lokal dari Mustika Land, pengembangan properti dan teknologi konstruksi dari Scientex Berhad dan keahlian investasi dan branding real estat dari Creed Group.

Melalui kerja sama ini, David menyebut ketiga perusahaan tersebut bertujuan untuk mengembangkan perumahan berkualitas tinggi dan terjangkau demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan menciptakan nilai yang signifikan bagi konsumen dan stakeholder.

Adapun ketertarikan Creed Group untuk bekerja sama dalam proyek ini dikarenakan melihat Indonesia mengalami pertumbuhan penduduk dan urbanisasi yang cepat ditengah kondisi pasokan yang tidak dapat mengikuti jumlah permintaan perumahan, dan harga perumahan yang melonjak tinggi sehingga kebutuhan perumahan tidak terpenuhi secara optimal.

Oleh karena itu melihat kondisi tersebut, Creed Group menekankan pentingnya menyediakan perumahan yang terjangkau agar dapat membantu memenuhi permintaan dan menjaga harga perumahan tetap terjangkau.

Selain Creed Group, Scientex Berhad juga mengungkapkan alasannya tertarik untuk bekerja sama dalam proyek ini dikarenakan pihaknya menilai Bekasi merupakan kawasan yang tepat untuk menggencarkan hunian murah karena populasi dan permintaan yang tinggi.

Scientex mengaku akan membawah pengalaman dan teknologi dari Malaysia dengan harapan dapat mengaplikasikan hunian terjangkau dan berkualitas di Indonesia, sehingga akan menjadi impian masyarakat menengah di Indonesia.

Sebagai informasi, Mustika Land Group merupakan pengembang properti di Indonesia yang memiliki spesialisasi di perumahan terjangkau. Memulai bisnis sejak 1995, Mustika Land Group diketahui telah membangun lebih dari 25.000 unit rumah di berbagai proyek.

Scientex Berhad (Scientex) adalah produsen kemasan plastik fleksibel dan pengembang properti terkemuka di Malaysia. Divisi properti Scientex memiliki proyek pengembangan township di Johor, Melaka, Selangor, Penang, serta Perak. Hingga saat ini, Scientex tercatat telah menghasilkan properti senilai MYR8 miliar dan memiliki proyek senilai MYR3,8 miliar dalam pengembangan.

Creed Group merupakan perusahaan investasi di bidang real estat asal Jepang yang didirikan pada tahun 1996 silam. Creed Group kini telah menorehkan prestasi mengesankan dalam pengembangan properti dan pengelolaan dana.

Adapun hingga saat ini, Creed Group berinvestasi dan beroperasi di Asia Selatan dan Asia Tenggara, yang meliputi negara Thailand, Kamboja, Indonesia, Vietnam, dan Bangladesh.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi