Konsorsium META Grup Salim – Grup Astra & ADHI Menangkan Tender Proyek Tol JORR Elevated Cikunir – Ulujami

News

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) resmi mengumumkan pemenang lelang (tender) Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir – Ulujami.

Sebagaimana pengumuman hasil pelelangan yang tercantum dalam surat No.64/BPJT/L/JECU/2023 Kementerian PUPR disebutkan bahwa konsorsium PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) dan PT Acset Indonesia Tbk. (ACST) ditetapkan sebagai pemenang tender Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami.

Adapun penetapan pemenang tersebut juga tertuang dalam Surat Menteri PUPR No. PB 0201-Mn/1465 yang diterbitkan pada tanggal 12 Juli 2023.

Ketiga perusahaan yang tergabung dalam konsorsium tersebut terdiri satu perusahaan BUMN yakni PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) dan dua perusahaan swasta yakni PT Marga Metro Nusantara yang merupakan anak usaha dari emiten perusahaan tol milik grup Salim PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META) dan PT Acset Indonusa Tbk. (ACST) yang merupakan perusahaan konstruksi milik Grup Astra.

Dengan demikian, Proyek Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami ini menjadi proyek kolaborasi antara BUMN dan swasta dengan nilai investasi sebesar Rp21,26 triliun.

Adapun untuk masa konsesinya ditetapkan selama 45 tahun yang terhitung sejak diterbitkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) pengerjaan Jalan Tol.

Sekilas informasi, Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami merupakan bagian dari jaringan Tol Jabodetabek yang nantinya akan dibangun membentang sepanjang 21,50 kilometer di atas Tol JORR eksisting dengan titik awal berlokasi di Jatiasih dan titik akhir berlokasi di Persimpangan Ulujami.

Selain itu, jalan tol ini juga dirancang memiliki kecepatan rencana sekitar 80 km per jam dengan lebar lajur 3,5 meter.

Baca Terbaru : Proyek Kongsi Grup Salim – Astra & ADHI : Tol JORR Elevated Cikunir – Ulujami Mulai Konstruksi Tahun Depan

Back to top button
formbukudirekrorigapensi