Jalur Kereta Api Pertama di Sulawesi, KA Makassar–Parepare Ditargetkan Beroperasi Oktober 2022

News

Direktorat Jenderal Perkeretaapian ( DJKA ) Kementerian Perhubungan menyatakan tengah menyelesaikan konstruksi kereta api (KA) Makassar-Parepare Tahap I yaitu Maros-Barru Segmen III sepanjang 67,1 kilometer (Km) yang ditargetkan dapat beroperasi pada Oktober 2022.

Saat ini pengerjaan Jalur Kereta Api Segmen III di wilayah Kabupaten Maros dilaporkan telah mencapai 84 persen. Sementara untuk wilayah Kabupaten Pangkep telah mencapai 94 persen.

Konstruksi Segmen III dinilai penting karena di samping pembangunan jalur mainline, juga terdapat pembangunan siding track (jalur siding) untuk akses menuju stasiun pelabuhan terpadu di Garongkong yang dibangun sepanjang 4,7 km dan jalur siding menuju Tonasa yang dibangun sepanjang 9,7 km oleh KPBU.

Pembangunan siding track pada proyek ini dimaksudkan untuk menyediakan akses dari beberapa pusat produksi ke pelabuhan seperti Pelabuhan Garongkong di Kabupaten Barru, guna mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan setempat mengingat kawasan Maros-Barru memiliki potensi ekonomi yang cukup besar.

Kepala Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan Andi Amanna Gappa menyebut salah satu komoditas yang dapat dikirimkan ke Pelabuhan dari Pangkep maupun Maros adalah semen. PT Semen Tonasa berlokasi di Pangkep, sedangkan PT Semen Bosowa bertempat di Maros.

Gappa mendata potensi pengangkutan semen dari Tonasa dan Bosowa ke Pelabuhan Garongkong per Mei 2022. Menurutnya, potensi pengangkutan semen dari Tonasa mencapai 10.000 ton perbulan, sedangkan dari Bosowa mencapai 300.000 ton per bulan atau hampir 3,5 juta ton per tahun.

Selain potensi angkutan semen, Gappa menilai pembangunan jalur KA Maros-Barru dapat memaksimalkan potensi pariwisata di sepanjang jalur. Pasalnya menurut gappa, Kawasan ini terkenal dengan wisata geopark, pantai, hingga kuliner yang sangat berpotensi menarik wisatawan jika terhubung dengan kereta api

Beberapa tempat wisata yang ada di Maros, Pangkep, dan Barru adalah Wisata Hutan magrove Dewi Biringkassi, Sirkuit Karaeng Mallombassang, dan Air Terjun Maremare.

KA Makassar-Parepare Tahap I Maros-Barru dijadwalkan beroperasi pada Oktober 2022 bagi penumpang maupun barang. Nantinya, penumpang dapat menaiki KA ini di Stasiun Barru hingga Stasiun Marros sepanjang 71 Km.

Tak hanya itu, KA juga akan melayani angkutan barang dari Stasiun Ramang-Raman di Maros hingga stasiun Garongkong di Barru sepanjang 80 Km.

Selain terintegrasi dengan Pelabuhan Garongkong di Barru, KA Makassar-Pare-pare juga akan terintegrasi dengan Bandara Internasional Hasanuddin di Maros.  Penyelesaian Segmen III akan menghubungkan Stasiun Rilau hingga Bandara Internasional Hasanuddin di Maros.

Gappa berharap pada tahun anggaran ini dapat diselesaikan dan segera dioperasikan agar dapat dilanjutkan dengan kegiatan pengadaan tanah untuk membangun jalur kereta api menuju Kota Makassar.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi