Hutama Karya Menangkan Tender Proyek Flyover Sitinjau Lauik Sumatera Barat

HeadlineNews

Kementerian PUPR secara resmi menetapkan PT Hutama Karya (Persero) sebagai pemenang tender atas proyek flyover atau Jembatan Layang Sitinjau Lauik di Provinsi Sumatra Barat pada Senin, 21 Oktober 2024.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Surat Menteri PUPR Nomor PB 0201-Mn/991 tanggal 18 Oktober 2024 tentang Penetapan Pemenang Lelang Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU Pembangunan Flyover Panorama I (Sitinjau Lauik I).

Dimana dalam surat yang telah ditandatangani per tanggal 21 Oktober 2024 tersebut, dijelaskan bahwa Hutama Karya ditetapkan sebagai pemenang tender atas proyek KPBU Flyover Sitinjau Lauik dengan nilai tahap pertama sebesar Rp2,79 triliun dan masa kerja 12 tahun 6 bulan (2 tahun 6 bulan masa konstruksi dan 10 tahun masa layanan).

Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) dari Fraksi Partai Gerindra, Andre Rosiade mengungkapkan bahwa proyek pembangunan Flyover Sitinjau Lauik ini telah masuk ke dalam Program 100 Hari pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

Andre berharap proses peletakan batu pertama atau groundbreaking bisa segera terlaksana dalam waktu dekat.

Karena menurutnya, Proyek pembangunan flyover ini sangat penting dan dinantikan masyarakat Sumatra Barat mengingat jalan layang tersebut tak hanya akan menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok serta daerah-daerah lain di sekitarnya.

Tetapi, Flyover Sitinjau Lauik juga dipandang sebagai solusi untuk mengatasi kondisi jalan yang curam dan rawan kecelakaan di jalur tersebut, terutama bagi kendaraan besar seperti truk dan bus yang sering melintas.

Kemudian pembangunan Flyover ini juga dianggap menjadi salah satu upaya untuk mengatasi bencana longsor yang rentan terjadi di wilayah Sitinjau Lauik.

Sehingga kehadiran Flyover ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan pengguna jalan dan memperlancar arus lalu lintas, khususnya bagi kendaraan besar.

Sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama bagi daerah-daerah yang terhubung langsung dengan jalur tersebut.

Back to top button