Top !, Menkes Resmikan Gedung Ngoerah Sun Wellness and Aesthetic Center, Dibangun Hutama Karya Pakai Teknologi BIM

HeadlineNewsTop List

Salah satu proyek garapan PT Hutama Karya (Persero), Gedung Ngoerah Sun Wellness and Aesthetic Center di Denpasar, Bali telah diresmikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin pada Kamis. 3 Oktober 2024.

Sumber Foto : Hutama Karya

Dalam peresmian tersebut, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa keberadaan rumah sakit beauty and wellness merupakan arahan Presiden Joko Widodo yang bertujuan untuk menciptakan diversifikasi ekonomi baru bagi Bali terutama di sektor pariwisata yang mengalami dampak parah selama pandemi Covid-19.

Dengan adanya diversifikasi ini, Budi menyebut Bali nantinya tidak hanya bergantung pada satu sektor industri.

Sehingga ketika terjadi volatilitas pasar, ekonomi Bali akan tetap stabil dan bahkan dapat menjadi pilot project dengan melibatkan kerja sama internasional, terutama dengan pihak asing seperti Korea Selatan, yang memiliki keahlian di bidang wellness dan estetika.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim menjelaskan bahwa Gedung Ngoerah Sun Wellness and Aesthetic Center ini dibangun untuk mengakomodir kebutuhan perawatan kesehatan dan kecantikan bagi masyarakat baik lokal maupun mancanegara dengan layanan lengkap serta didukung teknologi bertaraf internasional.

Selain itu, fasilitas ini juga hadir sebagai bagian dari upaya dukungan Kementerian Kesehatan untuk menjadikan Bali sebagai destinasi utama Medical Tourism yang mampu bersaing di tingkat internasional.

Kemudian fasilitas tersebut juga diharapkan dapat menarik potensi wisatawan untuk melakukan perawatan kecantikan sekaligus berlibur.

Sebagai informasi, kontrak proyek pembangunan Gedung Aesthetic Center Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah di Denpasar Bali telah didapatkan oleh Hutama Karya sejak dua tahun yang lalu atau tepatnya pada Semester II/2022.

Gedung Ngoerah Sun Wellness and Aesthetic Center berdiri di atas lahan seluas 5.000 m² dan gross floor area 12.637 m².

Gedung ini menawarkan berbagai macam perawatan kesehatan serta kecantikan yang terpadu diantaranya pelayanan Anti-aging, Aesthetic Medicine & Treatment, hingga Wellness Management, serta fasilitas layanan lainnya.

Adapun dalam pembangunannya, konstruksi fisik proyek dengan total nilai Rp 190 miliar ini dikerjakan oleh Hutama Karya dengan lingkup pekerjaan meliputi pekerjaan pendahuluan, struktur bangunan, arsitektur, serta Mechanical, Electrical and Plumbing (MEP).

Pengerjaan proyek ini dilakukan dengan menerapkan teknologi konstruksi BIM (Building Information Modeling) dalam bentuk 3D untuk pemodelan fisik, penghitungan material, visualisasi progres proyek, serta membantu dalam percepatan dalam penyusunan jadwal rencana dan realisasi pekerjaan.

Sumber Foto : Instagram RS Ngoerah

Selain menerapkan teknologi BIM, dilakukan juga pengendalian keselamatan konstruksi sesuai dengan rencana quality, health, safety, security, and environment (QHSSE) plan dan undang-undang (UU) yang berlaku.

Di tangan Hutama Karya, kontruksi fisik proyek ini berhasil diselesaikan pada Maret 2023 disusul dengan penyelesaian layout gedung di bulan September 2024 sebelum akhirnya diresmikan pada 3 Oktober 2024.

Setelah diresmikan, Hutama Karya berkomitmen akan melanjutkan masa pemeliharaan selama 365 hari kalender untuk memastikan infrastruktur tersebut berfungsi dengan optimal serta memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

Kehadiran Gedung Ngoerah Sun Wellness and Aesthetic Center diharapkan mampu mendorong transformasi pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya di Bali yang kini semakin maju dan modern dalam mendukung pengembangan pariwisata medis yang berpotensial.

Back to top button