Brantas Abipraya Percepat Proyek Bandara VVIP IKN, Target Rampung Akhir Tahun Ini

HeadlineNewsProyek IKN

Pembangunan Bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur saat ini masih terus dipercepat.

Bandara yang tengah dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero) tersebut ditargetkan rampung pada akhir tahun ini, setelah sebelumnya menjalani serangkaian uji coba landasan pacu dengan pendaratan tiga pesawat TNI Angkatan Udara pada tanggal 14 dan 20 September 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangannya pada Senin, 30 September 2024.

Percepatan pembangunan dan pengoperasian Bandar Udara VVIP di IKN ini merupakan wujud peran aktif PT Brantas Abipraya (Persero) dalam pembangunan serta pengembangan konektivitas IKN.

Oleh karena itu, Brantas Abipraya berkomitmen akan menuntaskan paket pekerjaannya dengan tepat waktu agar manfaatnya dapat segera dirasakan.

Dalam pembangunannya, Brantas Abipraya bersinergi dengan beberapa BUMN konstruksi lainnya.

Melalui kolaborasi tersebut, Brantas Abipraya dipercaya untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan yang meliputi pembangunan runaway, taxiway, apron dan pembangunan jalan relokasi.

Sebagai informasi, Bandara VVIP di IKN ini dibangun dengan luas terminal VVIP 2000 meter persegi (m²) dan terminal VIP 5000 m² serta runaway sepanjang 3000 meter x 45 meter.

Untuk lokasinya sendiri, bandara ini berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda.

Proyek ini telah dimulai pengerjaannya pada 28 November 2023 lalu dan ditargetkan rampung pada Desember 2024.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwasanya Bandara IKN ini nantinya tidak hanya khusus dibangun untuk melayani VVIP atau orang penting saja, melainkan juga dapat digunakan untuk masyarakat umum.

Back to top button