Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Smelter Freeport Indonesia di Gresik – Jawa Timur, Nilai Investasi Capai Rp56 Triliun

HeadlineNews

Pabrik smelter PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Senin, 23 September 2024.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini saya resmikan produksi smelter PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur,” kata Jokowi sebagaimana informasi yang dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

Peresmian fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) milik PT Freeport Indonesia (PTFI) ini menandai tonggak penting dalam industri pertambangan nasional.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa pembangunan smelter dengan nilai investasi sebesar Rp56 triliun tersebut merupakan salah satu langkah besar pemerintah dalam mendorong hilirisasi industri di Indonesia.

Dimana untuk mewujudkannya, Presiden Jokowi harus menghadapi tantangan yang cukup berat selama 10 tahun menjabat, terutama dalam meyakinkan perusahaan – perusahaan pertambangan untuk berinvestasi dalam pembangunan smelter.

Presiden Jokowi menjelaskan proses negosiasi pembangunan smelter tersebut tidaklah mudah mengingat dana investasi yang dibutuhkan untuk membangun instalasi smelter tersebut relatif besar, yakni berkisar Rp56 triliun.

Sehingga perusahaan harus melakukan kalkulasi secara matang mengenai keuntungan dari proyek ini.

Namun setelah melalui perjalanan panjang, proyek smelter yang berdiri di atas lahan seluas lebih dari 100 hektare tersebut ini pun akhirnya rampung dan siap beroperasi.

Smelter baru milik PT Freeport Indonesia ini merupakan smelter single line terbesar di dunia yang mampu memurnikan 1,7 juta ton konsentrat tembaga yang di bawa dari Papua menuju ke Gresik.

Kehadiran smelter ini diharapkan dapat memberikan dampak besar pada sektor usaha kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air serta mendorong pertumbuhan industri turunan tembaga di sekitar wilayah Gresik.

Selain itu, pembangunan smelter ini juga diharapkan mampu segera melahirkan perusahaan-perusahaan turunan maupun industri-industri turunan dari tembaga lainnya di sekitar PT Freeport Indonesia ini.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi Rosan Roeslani, Fahri Hamzah, Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, Chairman of the Board Freeport Mc-Moran Richard Adkerson, serta President & CEO Freeport Mc-Moran Kathleen L. Quirk.

Back to top button