Pabrik Lotte Chemical Senilai Rp65 Triliun di Cilegon Ditargetkan Mulai Beroperasi Maret 2025

HeadlineNews

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan kabar terbaru terkait pembangunan pabrik petrokimia Lotte Chemical di Cilegon, Banten yang sempat mangkrak selama 8 tahun dari sejak tahun 2016.

Pabrik petrokimia milik perusahaan asal Korea Selatan, Lotte Chemical yang dibangun di Indonesia dengan nilai mencapai hampir US$ 4 miliar atau setara Rp 65,2 triliun ini ditargetkan akan selesai dalam waktu dekat dan mulai memproduksi berbagai produk petrokimia pada Maret 2025 mendatang.

Hal ini disampaikan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) saat peresmian pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat pada Rabu, 3 Juli 2024.

Bahlil mengungkapkan bahwa proyek ini menjadi salah satu bukti investasi Korea Selatan di Indonesia dan termasuk salah satu dari sejumlah proyek yang dibiayai oleh investor asal Korsel.

Oleh karena itu, Bahlil menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Korea Selatan yang telah menanamkan banyak investasinya di Indonesia selama 5 tahun terakhir sebagaimana informasi yang dikutip dari laman liputan6.com.

Dimana dalam kutun waktu 5 tahun terakhir dari tahun 2019 – 2023, total nilai investasi investor Korsel tercatat telah mencapai sekitar US$ 14 miliar atau setara Rp 200 triliun lebih.

Sebagai informasi, pembangunan pabrik petrokimia milik PT LCI telah dimulai sejak awal 2022 dan dijadwalkan rampung pada tahun 2025.

Setelah rampung, hasil produksi PT Lotte Chemical nantinya akan menjadi substitusi atau pengganti dari sejumlah bahan kimia yang selama ini diimpor oleh Indonesia dengan komposisi 70% untuk kebutuhan dalam negeri dan 30% untuk ekspor.

Adapun produk yang akan dihasilkan pabrik ini antara lain polyethylene (bahan baku plastik), polypropylene (bahan baku karet sintetis), butadiene (campuran karet sintesis), dan benzene toluene xylene (campuran bensin dan bahan baku plastik).

Dengan adanya investasi pembangunan pabrik PT Lotte Chemical ini, diharapkan bisa menjadi stimulus bagi industri petrokimia di dalam negeri serta mendorong lapangan-lapangan kerja yang baru untuk masyarakat.

Back to top button